Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sambutan Hangat Dari Masyarakat Desa Sumbersari Ikuti Tausiyah Rutinan di Masjid Jami Al-Hidayah

Jumat, 21 Oktober 2022 | Oktober 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-21T02:36:36Z


Dakwahpos.com,Bandung-DKM Masjid Jami Al-Hidayah menyelenggarakan tausiyah rutinan di setiap dihari jumat bapak-bapak dan ibu-ibu biasanya di selenggarakan setalah ba'da Ashar, seperti yang kita ketahui merupakan orang tua dari anak-anaknya yang mengaji di masjid pada saat ba'da magrib seperti yang kita ketahui juga orang tua mereka merupakan seorang pendidik dari anak-anaknya untuk mencetak generasi calon penerus bangsa. oleh karena itu masjid Jami Al-Hidayah yang berlokasi di Kp.Sutam RT.05 RW.04 Desa.Sumbersari Kec. Ciparay Kab.Bandung 40381 yang berisikan tentang mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan dan syarat-syarat untuk menuntut ilmu dalam kitab Ta'lim Muta'alim karya Imam al- Zarnuji (14/10/2022).

Disetiap tausiyah berlangsung ini. DKM Masjid jami Al-Hidayah juga menyediakan ustadz dan ustadzah agar bisa membimbing atau mengarahkan dengan bentuk penyampaian materi ataupun bisa secara langsung (pratek) tentang kewajiban seorang muslim ataupun muslimin menuntut ilmu menurut pandangan dalam kitab ta'lim muta'alim, Adapun sebelum kesyarat untuk menuntut ilmu itu kita harus mengenal pengarang kitabnya terlebih dahulu dan kita harus mengharapkan Ridha Allah SWT, untuk menggapai kebahagiaan akhirat, membasmi kebodohan orang-orang disekitarnya, menghidupkan Agama, dan untuk menjaga keberlangsungan (kekekalan) agama. Syekh Az-Zarnuji didalam kitabnya tersebut menuliskan sebuah syair dari dua Sayyidina 'Ali bin abi thalib radhiyallahu 'anhu., dua bait yang artinya ingatlah! Engkau tidak akan mendapat ilmu kecuali dengan memenuhi enam syarat untuk menuntut ilmu yang akan di jelaskan secara rinci yaitu kecerdasan, kemauan, sabar, biaya, bimbingan guru dan waktu yang lama.

"setiap minggunya, kami selalu menyiapkan ustadz/ustadzah untuk mengisi tausiyah rutin yang diselenggarakan disetiap hari kamis dan juma'at dan selain memberikan tausiyah ustadaz/ustadzah juga memberikan/mengajarkan pengkajian Al-Qur'an atau makhorijul khuruf,"Ujar Herman daman huri selaku ketua DKM Masjid jami Al-Hidayah.

Kegiatan tausiyah ini pun disambut dengan hangat oleh masyarakat setempat. Khususnya oleh masyarakat dengan dibuktikan dengan Masjid jami Al-Hidayah yang selalu ramai oleh para ibu ibu dan bapak-bapak yang penuh semangat untuk mendengarkan tausiyah dari para ustadz/ustadzah dari awal acara berlangsung sampai akhir acara.
 
Oleh : Restu Kurnia Putri
Mahasiswa KPI 3D UIN SGD Bandung


×
Berita Terbaru Update