Raih Kunci Kebahagiaan yang Hakiki Di Pagi Hari dengan Membaca Al - Kahfi

Dakwahpos.com, Bandung – Beberapa kegiatan biasa dilaksanakan di Masjid Jami Al-jabbar yang berlokasi di Jl. Jatihandap Timur RT 02/ RW 07 Gg. H. Idris Kel. Jatihandap Kec. Mandalajati, Bandung. Ada beberapa kegiatan yang sering dilaksanakan diantaranya ada kegiatan yang bersifat harian yaitu sholat berjamaah rowatib dan kegiatan mengaji MDTA Al-Jabbar, ada yang bersifat mingguan atau ahadan seperti pengajian rutinan bapak – bapak dan ibu – ibu, bapak- bapak dilaksanakan pada malam jum'at setelah rutinan membaca yasin, sedangkan ibu- ibu dilaksanakan setiap hari rabu ba'da ashar. 
Ada pula yang bersifat syahriahan atau bulanan yaitu istighotsah istisyfa yang dilaksanakan setiap hari ahad minggu ke 3, serta adapun kegiatan yang bersifat tahunan seperti PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) yaitu peringatan maulid nabi, isro mi'roj, tahun baru islam, dan lain sebagainya.

Adapun yang bersifat mingguan selain dari pengajian rutinan yaitu jum'at berkah, alhamdulillah ini dilaksanakan setiap hari jum'at ba'da subuh, yang biasa dilangsungkan dengan jum'at berkah . Jum'at berkah idealnya dimulai dengan berkumpul dulu di masjid setelah itu membaca surat al – kahfi dan dilanjutkan dengan makan bersama, seperti bubur ayam , macam – macam gorengan, teh tawar panas, dan lain sebagainya.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa syukur jama'ah atas rezeki yang mereka terima dengan berbagi kepada sesama dan bersilaturahmi di hari Jumat.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan pertama, untuk memakmurkan masjid, sudah barang tentu kita sebagai umat agama islam. Kedua, memperkokoh tali silaturahmi antar jama'ah. Ketiga, menguatkan iman jama'ah. Terakhir, salah satu wasilah atau jalan mendekatkan diri kepada Allah SWT." ujar K.H. Romdhona Hidayat selaku Ketua DKM Masjid Jami Al-Jabbar, Jumat (14/10/2022).

Dengan diadakannya agenda membaca surat Al-Kahfi dan Jumat Berkah ini, DKM Masjid Jami Al-Jabbar berharap bisa menjadi kebiasaan yang positif dan kunci kebahagiaan yang hakiki di pagi hari sebelum memulai kegiatan lainnya.

Zulfa Yusriyyah
Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023