Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peringati Maulid Nabi, DKM Al-Falah Datangkan Ustadz H. Dudi D Sanusi

Rabu, 12 Oktober 2022 | Oktober 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-12T15:17:05Z

Dakwahpos.com, Bandung- DKM Al- Falah mengadakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ahad ( 2/10/2022 ). Kegiatan ini mendatangkan Ustadz.Drs.H. Dudi D Sanusi untuk mengisi ceramah dengan mengangkat tema " Mengenal Sejarah Kelahiran Rasulullah SAW "

Menurut Bapak Anang Suhanji selaku Ketua DKM Al-Falah, peringatan maulid Nabi ini ditujukan untuk mengajak masyarakat untuk dapat mengetahui sejarah Rasulullah agar tetap istiqomah dalam melakukan kebajikan, salah satunya dengan Kajian ini.

'' Kegiatan kajian shubuh ini selain menjadi rutinitas di masjid kita, juga sebagai wadah ilmu untuk mengetahui sejarah Rasulullah dan berbagai peringatan dalam Islam ." jelasnya
Dalam ceramahnya Ustadz.Drs.H. Dudi D Sanusi mengungkapkan bahwa kita sebagai umat muslim wajib mengetahui sejarah Rasulullah apalagi sejarah kelahirannya.

" Peringatan Maulid Nabi ini diadakan sebagai bentuk cinta kita kepada Rasulullah SAW. dengan bukti cintanya yaitu mengetahui sejarah kelahirannya dan memperingatinya." ucap ustadz Dudi dalam ceramahnya.

Kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW bermula pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau 570 M. Nabi Muhammad SAW merupakan nabi utusan Allah SWT yang menjadi penutup dari para nabi. Karena itulah, beliau kerap dipanggill dengan Khatamul Anbiya. Nabi Muhammad dilahirkan Aminah dan ayahnya bernama Abdullah, kelahiran sang baginda bertepatan dengan peristiwa tentara bergajah yang menyerang Ka'bah atau dikenal dengan Amul Fiil.

Saat kecil Nabi Muhammad disusui oleh Halimah Assa'diyah, beliau tumbuh menjadi seorang yang berbudi pekerti yang baik. Tanda-tanda kenabian juga terlihat dari sosok Rasulullah. Nabi Muhammad diangkat menjadi rasul ditandai dengan wahyu pertama yang diterimanya pada saat berusia 40 tahun di Gua Hira. Sejak saat itu, Nabi Muhammad menyiarkan agama islam dengan sembunyi-sembunyi dan terang-terangan.

Melalui wahyu yang disampaikan pada Nabi Muhammad SAW juga, umat muslim berkesempatan untuk membaca dan mempelajari Al-Qur'an sebagai pedoman hingga sekarang. Rasulullah meninggal dunia pada usia 63 tahun di hari Senin bukan Rabiul Awal setelah jatuh sakit selama 12 hari. 

Kisah Kelahiran Nabi Muhammad ini dapat dijadikan momentum untuk meneladani sifat Rasulullah. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih dalam soal Nabi Muhammad SAW, sosok nabi terakhir dan pemimpin umat muslim yang ada di bumi saat ini.


Reporter: Fauziyatusy Syifa Nur'aini, KPI/3B
×
Berita Terbaru Update