Penyebab dan upaya dalam Meminimalisir Kecelakaan di Jalan Raya

Oleh : Muhamad Zidane Alfarez

Sudah banyak kita ketahui mengenai kasus-kasus yang sudah terjadi dan harus nya menjadi sebuah imbauan bagi kita semua sebagai masyarakat khusus nya bagi para pengendara agar lebih berhati-hati dan patuh dalam lalu lintas. Tapi masih banyak pengendara bandel yang arogan yang hanya mementingkan diri sendiri dan tidak pernah memikirkan orang lain serasa dimana jalanan itu diibaratkan hanya milik bapaknya.

Tentunya ini sangat berdampak dan sangat merugikan orang-orang atau pengendara yang lain, dimana mereka sudah taat lalu lintas dan berkendara sesuai dengan aturan, namun kena getahnya hanya karena Tindakan arogansi pengendara yang ada disekitar mereka. Ini adalah sebuah permasahan yan serius dan tidak bisa di sepelekan. Karena dampaknya yang tidak main-main dan sangat bisa fatal bahkan sampai bisa membuat nyawa seseorang melayang.

Banyak sekali usaha yang telah di lakukan oleh pihak berwajib dalam menangani permasalahan ini, seperti banyak pemasangan petunjuk dan rambu-rambu lalu lintas, ada juga pemasangan lampu lalu lintas kemudian mengadakan sebuah operasi pemeriksaan di jalan-jalan untuk mengecek, menghimbau dan memberikan saksi jera kepada para pelanggar lalu lintas tersebut.

Namun tetap saja banyak pengendara yang ngeyel dan tidak patuh sampai menghindari pemeriksaan-pemeriksaan yang telah di adakan, parahnya sampai membuat para pengendara lain bisa celaka seperti tiba-tiba berhenti atau lawan arah hanya karena tidak ingin diperiksa oleh pihak berwajib dan memillih kabur. Bahkan sekarang dijamin serba digital sudah ada sebuah sistem camera pemotret untuk melacak para pengendara yang melanggar.

Namun sitem tersebut juga masih dalam tahap pengembangan dan masih banyak kekurangan dan bahkan bisa sampai diakali oleh para pelanggar agar tidak terdeteksi, seperti kasus baru-baru ini ada sekelompok ibu-ibu yang menutup flat nomer kendaraan nya dengan pakaian dalam. Pastinya semua usaha-usaha tersebut tidak akan berhasil dan keselamatan berkendara tidak akan pernah terjamin bila kita sebagai pengendara tidak ada rasa sadar saling mengerti dan pastinya harus ada rasa toleransi antar sesama pengendara.

Kemudian ada juga dari faktor kelalaian yang dimana banyak pengendara yang hanya mementingkan diri sendiri bersikap arogan dan bertindak terburu-buru dan mayoritas tindakan tersebut tidak dipikirkan secara matang-matang yang bisa membuat pengendara tidak bisa mengontrol emosi dan tindakannya.

Ada beberapa cara dalam menimalisr terjadinya sebuah kecelakaan, pertama pastinya dari kesadaran diri sendiri dengan cara turunkan ego dan kecilkan sikap arogansi dan tinggikan sikap toleran beserta ketika kita berkendara harus dalam keadaan sehat prima, patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas tidak lupa juga cek kondisi kendaraan, gunakan semua septi atau pelindung yang sudah di tentukan, kemudian jangan lupa juga untuk melengkapi surat-surat dalam berkendara seperti sim, stnk dan identitas diri, ada juga kita harus jaga jarak aman dengan pengendara lain.

Intinya mengenai permasalahan dijalan raya memang tidak bisa disepelekan dan terwujudnya keamanan dalam berkendara akan terwujud bila semua pihak ikut serta dan mengambil peran dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan berkendara. Semoga di negara tercinta ini baik didaerah apapun bisa menjadi lebih baik dalam berkendara dijalanan.

Muhamad Zidane Alfarez
Mahasiswa Jurusan KPI UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023