Pentingnya Helm Saat Naik Motor

Oleh : Muhammad Raihan Rizqullah R

Salah satu komponen dalam keselamatan berkendara sepeda motor yaitu memakai helm. Alasannya bukan untuk mencegah agar tidak ditilang saja, melainkan untuk melindungi kepala dari benturan jika terjadi kecelakaan.

Dijelaskan oleh kapolres setempat, Anda sebaiknya menggunakan helm sebelum kepala terbentur. Tidak ada seorangpun yang bisa menjamin keselamatan kita saat mengendarai kendaraan bermotor di jalan.

Dengan memakai helm saat berkendara dapat meminimalkan resiko terbenturnya kepala pada suatu benda bila pengendara motor terjatuh atau mengalami kecelakaan. Helm memang tidak menjamin seluruh organ tubuh akan aman, namun akan melindungi kepala Anda.

Dan hal itu pun tentunya harus kita lakukan dengan memilih helm yang berstandar SNI. Karena helm tersebut pastinya sudah melewati proses uji coba kekuatan dan ketahanan helm agar melindungi kepala anda dari berbagai benturan di kepala anda.

Itulah pentingnya selalu mengenakan helm sebagaimana mestinya. Maksudnya, setiap pemotor atau penumpangnya yang berkendara di jalan raya harus selalu mengenakan helm dan mengikat tali dagunya. Oleh karena itu, Anda wajib mengenakan helm dan memasang tali pengikat dengan tepat.

Muhammad Raihan Rizqullah R, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023