Mulailah Berkendara Dengan Menggunakan Helm

Tidak menggunakan helem saat berkendara motor menjadi kebiasaan yang umum terjadi di sekitar kita. Apalagi hanya berkendara ke sekitar rumah atau jalan sepi, banyak yang mengabaikan dan menyepelekan pengguna helm. Biasanya banyak pengendara roda dua pelakunya. Helm merupakan penyelamat bagi pemakainya di jalan raya dan menurunkan risiko perburukan cedera yang dialami oleh pengendara yang mengalami kecelakaan. Jadi kenapa tidak  mulailah berkendara dengan menggunakan helm sampai tujuan.

Sebagai latar belakang, kita liat masih banyak  pengendara sepeda motor di bandung dan bogor diwilayah Jawa Barat dan hampir seluruh Indonesia yang sangat abai pada keselamatan berkendara di jalan raya dan tidak taat lalu lintas terutama dikalangan remaja, pemuda dan para pelajar serta usia produktif.

Padahal sesungguhnya, helm sangat berfungsi untuk melindungi kepala pengendara motor saat mengalami kecelakaan atau terjatuh. Beratnya cedera yang dialami pengendara saat kejadian kecelakaaan sangat bisa diminimalisasi jikalau kepala diproteksi oleh helm. Tak heran banyak korban kecelakaan lalulintas di negara tercinta ini.

Di negara kita sendiri juga menerapkan aturan yaitu pngendara sepeda motor wajib menggunakan helm, namun masih sangat banyak kita jumpai pengendara sepeda motor yang enggan memakai helm dengan berbagai macam alesan, seperti lupa memakai, buru-buru, helm hilang, tidak terbeli dan lain sebagainya, terkadang alasan yang pengendaraa sampaikan benar adanya, tetapi terkadang tidak jarang ada yang menanggap penggunaan helm itu tidak begitu penting.

Lantas solusinya wajibnya penyuluhan soal pentingnya helm harus di mulai sejak dini mulai dari bangku sekolah. Metode tersebut akan membuat masyarakat paham pentingnya helm sejak usia dini, selain ituh perlunya sosialisasi masif dari pihak berwajib tentang aturan-aturan lalulintas dan berkendara yang baik.

Mari sayangi nyawa kita dengan taat aturan berkendara dijalan raya dengan selalu menggunakan helm standar SNI dan semoga kita harapkan semua saling mengingatkan akan pentingnya taat aturan yang berlaku demi kebaikan kita Bersama. Ingat nyawa kita hanya satu, maka sayangi nyawa kita.

Nama  : M. Herian Maptuh
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Alamat rumah : Jl. Tagog-cimekar, Rt. 03\Rw. 17 (samping, SMK Karyabudi) kel. cimekar kec. cileunyi, kab. Bandung ID 40623
No hp : 085315950978
Gmail : herianmaptuh@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023