Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menghargai Agar Dihargai

Sabtu, 15 Oktober 2022 | Oktober 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-15T02:08:49Z

Oleh : Silmi Najmi Anzani

Saling menghargai adalah sikap yang harus dimiliki dalam mengarungi kehidupan. Tidak jarang suatu masalah timbul berawal dari tidak adanya sikap ini. Oleh karena itu kita harus menerapkan sikap saling menghargai dimana saja termasuk di jalan raya.

Pengendara memiliki hak yang sama ketika di jalan raya. Namun, dalam beberapa kondisi ada kendaraan yang mendapatkan prioritas. Dalam Pasal 134 dan Pasal 135 UU No 22 tahun 2009 disebutkan beberapa kendaraan yang mendapatkan prioritas. Sudah bukan rahasia lagi bahwa ambulans yang membawa pasien merupakan kendaraan yang mendapatkan prioritas karena jalan raya yang selalu ramai tidak jarang membuat lajunya menjadi terhambat.

Pengendara yang meminggirkan kendaraannya untuk memberikan jalan pada ambulans merupakan bentuk sikap menghargai. Ini merupakan perbuatan kecil tetapi memiliki dampak yang besar karena menyangkut keselamatan pasien yang sedang dibawa ambulans tersebut. Sudah sepantasnya kita menurunkan ego untuk memberikan jalan. Jika suatu saat yang di dalam ambulans tersebut adalah diri sendiri atau orang-orang terdekat tentu kita ingin diperlakukan seperti itu juga.

Di kehidupan yang kompleks ini banyak sekali bentuk sikap saling menghargai yang harus kita biasakan. Oleh karena itu tanamkan sikap ini sejak kecil dalam keluarga. Mulailah dengan menghargai hal-hal kecil agar terbiasa menghargai hal-hal besar. Perlu diingat bahwa menjadi orang yang menghargai orang lain tidak akan membuat harga diri menjadi turun.

Mahasiswa KPI 3D UIN Sunan Gunung Djati Bandung 
×
Berita Terbaru Update