Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Masih Mau Arogan Di Jalan Raya ?

Rabu, 12 Oktober 2022 | Oktober 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-12T15:07:56Z

 oleh : ( Muhamad Ardiansyah )

Kerap kali ketika kita berkendara di jalan raya kita bertemu dengan pengendara yang arogan. Tak jarang pula pengendara yang arogan itu menyulut emosi pengendara lainnya.


   Bahkan, sering terjadi bentrokan antara pengendara arogan dengan pengguna jalan lainnya. Lalu, apa yang harus dilakukan jika kita bertemu pengendara arogan di jalan raya?
Lalu, ketika kita melihat pertanyaan  tersebut apa upaya kita untuk menangani hal tersebut.

Ketika di jalan raya tentu saja ada aturan yang mengikat bagi semua pengendara baik pengendara motor ataupun pengendara mobil saat berkendara di jalan raya, aturan tersebut dibuat agar setiap pengendara tertib dalam berkendara, agar tidak membahayakan orang lain dan juga agar terhindar dari kecelakaan. Banyak sekali aturan aturan yang telah dibuat oleh pemerintah yang diperuntukan untuk pengendara, seperti memakai helm saat berkendara, menyalakan lampu saat berkendara, tidak menerobos lampu lalu lintas dan lain sebagainya.

Namun banyak sekali aturan yang sering dilanggar oleh pengendara yang bisa menyebabkan hal yang membahayakan bagi dirinya sendiri dan orang lan yang dapat menimbulkan kecelakaan. Untuk meminimalisir pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara aka polisi melkaukan razia di jalan raya agar pengendara lebih taat dan patuh pada aturan yang telah ditetapkan.

Namun razia yang dilakukan polisi di jalan raya sering kali tidak membuat jera bagi setiap pengendara, masih banyak pengendara yang melanggar aturan tersebut. Bahkan banyak para pengendara justru bersikap arogan yang tentunya dengan sikapnya ini bisa membahayakan pengedara lain. Contoh pengendara yang bersikap arogan misalnya yaitu seperti pengendara yang kebut kebutan tanpa memperhatikan pengendara yang lainya, pengendara yang sering marah marah  saat lampu merah, pengendara yang menerobos lampu merah dan kain sebagainya

Lantas bagaimana Ketika kita bertemu dengan pengendara yang bersifat arogan dalam berkendara? Dan bagaiman sikap yang harus kita lakuakan? Sikap yang harus kita lakukan  yaitu seperti Tetap tenang dan bersabar jika memang bertemu dengan pengandara yang bersikap arogan, selain itu juga kita bisa Menasihati jika sempat dan mampu kepada pengendara tersebut. Kemudian kita juga bisa Lebih baik mengalah Ketika bertemu pengandara tersbut di jalan demi keselamatan diri sendiri, selain itu Jika pengendara tersebut berkendara kebut kebutan dekat anda di jalan raya lebih biarkan dia untuk mendahalaui kita.

Oleh karena itu, kita harus bersikap tenang ketika berkendara dan menjauhi keegoisan kita terlebih ketika kita menemukan pengendara lain yang justru bersikap arogan. Kita harus bersikap sabar karena sejatinya tidak menjawab pertanyaan atau gangguan orang yang bodoh atau pemarah adalah jawabannya. 

Muhamad Ardiansyah, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung 

×
Berita Terbaru Update