Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lebih Dekat Dengan Al-Qur’an, DKM Ar-Rahman Adakan Kajian Rutin Tadabbur Qur’an

Kamis, 13 Oktober 2022 | Oktober 13, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-13T00:55:37Z


 
Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Ar-Rahman Haur Kuning, berlokasi di jalan embong naripan kota Bandung. Selain dijadikan sebagai tempat untuk shalat berjamaah, masjid ini juga di jadikan sebagai tempat kajian. Salah satu kajian rutin yang di lakukan adalah kajian tadabbur quran yang diikuti oleh warga sekitar, di laksanakan di masjid tersebut pada hari selasa, (11/102022).

Tujuan di adakannya kajian rutin tersebut adalah  merenungi dan meresapi setiap makna-makna ayat Al Qur'an sehingga nantinya akan menjadikan hati seseorang terbuka untuk menerima kebenaran.Sebagaimana kebalikannya, seorang yang tidak mau mentadabburi Al Qur'an, maka hatinya akan tertutup dan terkunci. Sehingga susah untuk menerima kebenaran.

Kegiatan kajian diisi oleh ustadz Abdurrahim Dany, selaku ketua DKM ar-rahman. Beliau mengkaji seperti kapan diturunkannya surah dalam al-quran, apa tujuan diturunkannya surah tersebut, serta fadillah atau kandungan ayatnya itu.

Menurut beliau seindah apapun susunan ayat-ayat Al-Qur'an, seilmiah apapun kandungan Al-Qur'an dan sebesar apapun mukjizat Al-Qur'an, tanpa mentadabburkan ayat-ayatnya, maka kita akan sulit memahami dan menerima pesan-pesannya untuk diimplementasikan dalam kehidupan.


"lebih baik jika ajaran dan kisah-kisah yang termuat dalam ayat-ayat Al Qur'an dijadikan ibrah (pelajaran) dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab seorang yang sekedar membaca Al-Qur'an tanpa disertai perenungan dan pemikiran, maka sesungguhnya dia diibaratkan hanya menyembah pada lafadz-lafadz tersebut" , ungkapnya.
 
Masjid Ar-Rahman ini memiliki daya tampung jamaah lebih dari 200 orang. Pengajian yang diadakan di masjid perlu lebih dikembangkan lagi agar tidak hanya masyarakat yang ada di Haur kuning saja yang menghadirinya tetapi orang yang berada di luar Haur kuning juga bisa menghadirinya, tutur ketua DKM

Reporter : Kaisa Kurnia Muthmainnah, KPI/3B 



×
Berita Terbaru Update