Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lakalantas : Siapa yang Salah?

Jumat, 14 Oktober 2022 | Oktober 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-14T13:44:56Z

Oleh : Megha Nur Rahmayani

Berbagai peristiwa kecelakaan lalu lintas kerap kali terjadi di jalan raya. Apa itu kecelakaan lalu lintas? Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda.

Meskipun dalam kenyataannya kecelakaan terjadi tanpa adanya kesengajaan, faktor yang paling banyak mempengaruhi kecelakaan lalu lintas sebagian besar ada pada pengemudi, entah itu mengantuk, terburu-buru, dan merasa jalan adalah miliknya sendiri sehingga memusnahkan rasa empati terhadap pengemudi lain bahkan pejalan kaki sekalipun.

Dalam hal ini siapapun bisa menjadi penyebab, dari orang biasa atau bahkan pejabat negara  berpeluang melakukan pelanggaran dalam mengemudi. Apapun alasannya tidak dibenarkan melakukan tindakan yang merugikan pengguna jalan lain hanya untuk kepentingan pribadi.

Pada zaman sekarang, zaman dimana kendaraan melimpah ruah di jalan raya, seharusnya para pengemudi lebih concern terhadap keselamatan dirinya dan orang lain. Karena banyaknya kendaraan seharusnya meningkatkan kehati-hatian dalam berkendara. Padatnya lalu lintas tidak serta merta membuat egoisme memuncak, karena tujuan berkendara pada akhirnya adalah untuk selamat.

Meskipun semua sudah terlambat, telah banyak korban dan kerugian yang diakibatkan pada kecelakaan lalu lintas, tidak menutup kemungkinan hal itu akan terjadi lagi di kemudian hari. Diperlukan kesadaran bagi pengemudi untuk mematuhi aturan lalu lintas dan mengenakan pengaman agar pengguna lalu lintas terbebas dari kecelakaan. Kalaupun masih ada yang melanggar, biarlah hukum yang berbicara.

Megha Nur Rahmayani, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Area lampiran

×
Berita Terbaru Update