Kunci Keselamatan Bagi Pengguna Jalan Raya



Oleh : Puteri Noerwulan Ramadhani 

Jalan raya menjadi penghubung bagi semua orang mulai dari bos kantoran hingga para pegawai nya. Setiap pagi dan petang pasti terjadi kemacetan di jalan-jalan utama karena semua orang akan pergi ke tempat yang mereka tuju dengan cepat. Segala aktifitas manusia saat berpergian pasti melewati jalan raya. Tak heran jika para pengemudi kendaraan menjadi arogan karena bersaing untuk cepat sampai tujuannya masing-masing.
 
Jika kita bertemu dengan pengemudi yang arogan sebaiknya kita menjauhkan diri supaya tidak ikut terpancing emosi. Bersikaplah dewasa supaya tidak terjadi keributan. Mengalah adalah cara yang aman menghadapi pengemudi yang arogan. Sikap arogan ini biasanya timbul ketika pengemudi bergerombol, jadi mereka mengemudi secara arogan seakan-akan penguasa jalan raya yang bisa menimbulkan kemacetan bahkan sampai terjadi kecelakaan. 
 
Tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia sangat tinggi. Korban jiwa serta kerugian materi pun tidak sedikit. Negara kita melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas sehingga bisa menurunkan angka kecelakaan. Tetapi jika pengemudi tetap bersikap arogan dan hanya memikirkan ke pentingan diri nya sendiri maka tingkat kecelakaan lalu lintas akan selalu meningkat. Pengemudi pun harus bisa memahami pergerakan kendaraan lain, menjaga jarak, awas dengan kondisi sekitar dan hindari bermain ponsel saat mengemudi. 
 
Pemerintah telah mengatur mengenai ketertiban di jalan raya guna memberikan keselamatan bagi para penggunanya. Karena banyak orang yang berlalu Lalang di jalan raya. Aturan ini telah tertuang pada beberapa Undang-Undang yang telah ditetapkan. Jika melanggar aturan, pengendara akan dikenakan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.
 
Rasa arogansi ini bagi pengendara harus dihilangkan supaya menciptakan jalanan yang tertib dan aman. Keselamatan adalah hal yang utama karena banyak keluarga dan orang-orang yang disayangi menunggu kita dirumah. Saling menjaga serta saling mengutamakan keselamatan adalah sesuatu yang sangat penting. Tidak perlu kita saling menyalahkan diantara pe
ngguna jalan. Ikuti tata tertib dijalan dengan baik maka kita akan selamat sampai tujuan.
Puteri Noerwulan Ramadhani, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023