Kebersihan Masjid Tanggung Jawab Kita Bersama


Kebersihan selalu menjadi hal pertama yang di lihat oleh orang lain dimana pun mereka berada. Baik dalam tempat umum mapun tempat tinggal. Masjid menjadi tempat ibadah yang banyak di datangi, baik oleh warga lokalnya maupun orang musafir. Maka dari itu, kebersihan masjid menjadi hal urgent yang perlu di perhatikan oleh setiap kalangan. Baik oleh pengurus DKM masjidnya, warga lokalnya, maupun orang asing yang berkunjung. 

Masjid Jami' Al-Ikhlas dalam menjaga kebersihan lingkungan yakni dilakukan dengan cara kerja bakti. Kerja bakti yang di maksud disini ialah kerja bakti yang dilaksanakan oleh ibu-ibu pengajian muslimat yang ada di masjid ini. Ibu-ibu ini membersihkan masjid baik dari dalam masjid, hingga ke halaman luar masjid. Dari lantai satu, lantai dua, kamar mandi, tempat wudhu, hingga halaman masjid. 

Kerja bakti yang dilakukan ibu-ibu ini, menjadi sebuah kegiatan rutinan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap satu minggu sekali. Setiap hari jum'at pagi kurang lebih setelah pekerjaan di rumah sudah beres, ibu-ibu muslimat Masjid Jami' Al-Ikhlas ini akan berkumpul untuk membersihkan area masjid. 

Selain dari kebersihan, sistematika program dalam masjid juga perlu di perhatikan. Seperti penjagaan area masjid, jadwal adzan hingga sistem pengimaman masjid. Masjid Jami' Al-Ikhlas sendiri memiliki seorang Marbot sebagai orang yang menjaga serta mengatur sistem masjid. Marbot dalam masjid ini sendiri lebih bertugas sebagai seorang muadzin, pengganti imam solat, hingga menjaga masjid.

Sofa Nur Amal Nabila
Mahasiswa KPIUIN SGD Bandung


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023