Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Harusnya Saling Toleran Bukan Arogan

Kamis, 13 Oktober 2022 | Oktober 13, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-13T02:56:12Z

oleh : Sonya Isma Aqilah

Apa sih itu arogan?? Arogan adalah memiliki sikap yang melebih-lebihi kemampuan diri sendiri atau dimanifestasikan dalam sikap suka memaksa. Sedangkan toleransi adalah sikap menghargai dan menghormati antara sesama manusia. Jadi kita sebagai manusia harus memiliki sikap toleran bukan arogan. Karena dengan sikap arogan kita bisa menambah dan mempersulit masalah.

Akhir-akhir ini sudah banyak pengendara yang memiliki sikap yang arogan.  dimulai dari mengucapkan kata-kata kasar, sampai bangku hantam. Tetapi cara mengakhiri masalah tersebut tidak jauh dari berdamai dan jarang sekali masalah ini sampai ke meja siding. Terkecuali masalahnya sudah benar-benar fata diluar nalar.

Penyebab sikap pengemudi yang arogan karena harga mobil yang mahal dan mewah atau kendaraan yang memiliki ukuran besar, dan memiliki kekuasaan didaerah itu. Dan penyebabnya karena kurang tegasnya penegakkan hukum dan masih banyak masyarakat yang melanggar tata tertib alhasil menyebabkan kecelakaan. Dari kecelakaan ini bisa terjadi saling berbicara kasar sampai bangku hatam.

Disebuah video berdurasi 4 menit 30 detik memperlihatkan salah seorang pengendara yang arogan di jalan raya. Tentu saja kejadian tersebut menjadikan jalanan macet karena ia memalangkan kendaraannya. Namun parahnya saat petugas datang untuk menertibkan pengemudi mobil putih ini, malah si pengendara arogan memukul petugas. Buum!! Tentu saja pengemudi arogan ini langsung jadi bulan-bulanan massa yang menyaksikan tingkah arogannya di pingir jalan. Arogansi pengendara yang terjadi di Thailand ini pun kemudian ramai di media social.

Inilah cara menghindari pengendara arogan yaitu, melakukan perjalanan lebih awal agar tidak terburu-buru saat berkendara, pilih rute yang terhindar dari macet, taati tata tertib apalagi saat di lampu lalu lintas, sebisa mungkin menjaga jara dengan pengemudi lain, dan jika bertemu pengemudi yang arogan lebih baik mengalah dan tinggalkan saja. Jadilah pengemudi yang baik dan ramah stop arogan saat berkendara!!!

Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

×
Berita Terbaru Update