H. Idris Abdullah: Cara Menyikapi Musibah

Dakwahpos.com, Bandung – DKM Miftahul Khoer mengadakan pengajian pada hari Sabtu (8/10). Pengajian tersebut diisi oleh H. Idris Abdullah, adapun yang dibahas yakni "cara menyikapi musibah".

Kehidupan manusia memang tak bisa lepas dari ujian dan cobaan. Musibah yang datang tidak serta-merta sebagai hal yang buruk, datangnya musibah juga dapat mengandung hikmah dibalik terjadinya.

Seorang yang mendapatkan musibah cenderung beranggapan bahwa musibah adalah penderitaan dalam kehidupan. Baik itu musibah, teguran, hingga bencana, itu merupakan teguran dari Allah SWT. Tinggal bagaimana cara menyikapi musibah dalam Islam untuk kemudian diterapkan. Cara menyikapi musibah tidak boleh sembarangan, semuanya sudah tertera dalam Al Qur'an.

Allah SWT berfirman "Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, Kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, orang-orang yang apabila di timpa musibah mereka mengucapkan "inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun (QS Al-Baqarah 155-156).

"Mari sama-sama kita dekatkan diri pada Allah SWT, dan kembalikan semuanya kepada Allah SWT", ujar H. Idris Abdullah.

Semoga kita dapat mengambil manfaat dari ilmu yang diberikan oleh H. Idris Abdullah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Reporter: Abdul Halim Al Muhasiby

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023