Fenomena Patrolli Geng Motor Yang Menjadi Budaya

Oleh : Muhammad Jauza Dhiya Ulhaq

Fenomena ini sudah marak terjadi di kota kota besar. Berbeda dengan patrolli yang dilakukan oleh polisi, patrolli geng motor ini bertujuan untuk mencari lawan dan biasanya menyerang pengguna jalan, patrolli geng motor ini mempunyai julukkan "Rolling". Polisi pun dibuat pusing oleh fenomena ini, karena aksi rolling ini mirip kucing-kucingan yang kerap membuat pusing petugas, langkah polisi seolah dikuntit oleh para pelaku.

Patrolli geng motor ini sangat merugikan banyak elemen yang ada di jalan, dari pengguna kendaraan sampai dengan fasilitas yang ada di jalan raya. Namun fenomena ini sulit untuk diatasi oleh polisi, mungkin karena banyak oknum kepolisian yang membiarkan fenomena itu terjadi. Sehingga fenomena ini menjadi budaya dikehidupan masyarakat, sampai ke instansi pendidikan.

Banyak pelajar yang ikut serta dalam geng motor ini. Sehingga semakin banyak oknum oknum geng motor sampai sulit diatasi oleh polisi, parahnya lagi pelajar-pelajar ini menjadikan rolling sebagai budaya yang harus dilakukan setiap tahun. Contohnya ada di SMA yang berada di wilayah kota Bandung, mereka melakukan rolling tersebut setiap tahun karena itu sudah menjadi budaya turun menurun sehingga harus dilaksanakan, padahal kegiatan tersebut sangatlah negatif dan merugikan orang lain maupun diri sendiri.

Dalam al-Qur'an sudah jelas bahwa kita hidup diberi akal, penglihatan, dan pendengaran yang seharusnya digunakan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Sedangkan perilaku budaya geng motor ini sebuah perilaku buruk bagi remaja yang sedang di masa peralihan.

Oleh karenanya, Kita sebagai Masyarakat atau apapun itu, kita harus senantiasa introspeksi diri agar dapat menularkan dan mejalarkan kesadaran dan kedewasaan bagi setiap pengguna jalan dan kita harap terciptanya keamanan dan ketertiban di Jalanan. Dan cegah rekan, keluarga, kerabat kita untuk tidak bergabung dengan geng motor.

Muhammad Jauza Dhiya Ulhaq

Mahasiswa Jurusan KPI UIN SGD Bandung

081257966966

Jalan Desa Cipadung, Komplek Eastern Hills Regency Blok A1-04, Kota Bandung

 

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023