Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DKM Sirojus sa’adah Adakan Kajian Kitab Kuning

Kamis, 27 Oktober 2022 | Oktober 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-27T02:43:17Z

Dakwaspos.com, Bandung, Masjid Sirojus sa'adah di bojong Baraja Rt 01 Rw 06, Haurpugur, kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung mengadakan sebuah kajian kitab kuning untuk para remaja. Ustadz Muhamad Nurdin (ketua DKM) sekaligus pengajar kitab kuning beserta sodaranya Ustadz Miftah menyatakan kegiatan ini dilakukan setiap hari pukul 18.00 atau setelah sholat maghrib sampai pukul 21.00 WIB namun sering di jeda terlebih dahulu oleh kegiatan ibadah sholat isya.

Minat para remaja maupun anak-anak untuk mengikuti kegiatan kajian kitab kuning ini benar-benar cukup baik. Saya juga sering berkonsultasi dan membicarakan kepada orang tua mengenai perkembangannya melalui rapat yang saya adakan sebulan sekali, supaya mendorong anak-anak mereka untuk lebih semangat dan bersunggung-sungguh untuk mempelajari kitab kuning."Tegasnya saat diwawancarai di masjid. Rabu (26/10/22)

Dalam sepekan para pengajar berjumlah 2 orang itu mengajarkan tiga kitab-kitab dasar yang berbeda-beda seperti kitab tijan tentang keesaan Allah (tauhid), kitab Sulamunajat yang menjelaskan mengenai perilah sholat dan tatacara sholat mulai dari syarat, rukun, sunnah-sunnah sholat, pembatalan sholat, hingga bacaan sholat dan wiridan setelah sholat.

Yang terakhir ada kitab Ta'lim Muta'allim yang membahas mengenai adab-adab seorang penuntut ilmu (murid) sebagai kunci sukses dalam belajar. Salah seorang peserta ngaji kitab, Muhamad Fahri suhendra Putra menyampaikan terimakasihnya, karena dengan adanya kegiatan kajian kitab kuning ini, keinginannya untuk belajar kitab meskipun tidak mondok dipesantren bisa terpunuhi dan terwujud.

"Harapan saya dengan mengikuti kegiatan ini bisa menjadi pemicu akhlak saya dan kawan-kawan saya menjadi lebih baik. Disamping itu juga dengan saya terus belajar dan belajar supaya saya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang banyak dan memajukan masjid serta meneruskan perjuangan guru saya dan mengamalkan keilmuan yang sudah saya dapat." Ujar Muhamad Fahri Suhendra Putra lebih lanjut.

Hingga saat ini ada sekitar 50 orang lebih remaja dan anak-anak konsisten mengikuti kajian kitab kuning yang diselenggarakan setiap hari pukul 18.00 sampai 21.00 WIB di masjid Sirojus Sa'adah. Namun ada kegiatan yang dilakukan untuk menemani kajian kitab kuning tersebut seperti kegiatan seni khas islam dan sholawat.

Reporter : Muhamad Zidane Alfarez KPI 3C UIN BANDUNG
×
Berita Terbaru Update