Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dampak Pandemi Covid-19, Antusiasme Mengaji Anak-Anak Menurun

Jumat, 21 Oktober 2022 | Oktober 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-21T02:36:02Z

Dakwahpos.com, Bandung – Sudah menjadi rahasia umum jika pandemi Covid-19 menjadi penghambat kegiatan masyarakat. Hampir 3 tahun pandemi melanda dunia, masyarakat dituntut untuk mematuhi semua protokol kesehatan. Banyak kegiatan yang terpaksa dihentikan akibat adanya pandemi ini, termasuk kegiatan pengajian anak-anak. Dengan dikeluarkannya aturan untuk menutup semua rumah ibadah, masjid-masjid yang biasa mengadakan pengajian pun terpaksa untuk menghentikan kegiatan. Masjid Al- Mishbah menjadi salah satu masjid yang harus menghentikan semua kegiatan yang biasa dilakukan. (18/10/2022)

DKM Al- Mishbah yang biasanya melaksanakan pengajian anak-anak setiap hari terpaksa menghentikannya, akibat pandemi Covid-19 menguasai dunia, termasuk Indonesia. Dengan adanya pandemi, kegiatan rutin dihentikan total selama kurang lebih satu tahun. Kemudian pada masa transisi, kegiatan pengajian mulai dilakukan kembali secara hybrid. Namun, akibat lamanya libur yang diberikan maka semangat anak-anak untuk belajar mengaji menurun.

"Kalo dulunya anak-anaknya banyak, dari atas juga pada kesini. Nah kemaren kan waktu Covid, jadinya pada keluar terus sekarang jadi Cuma 70-an yang ngaji disini. Asalnya mah sekitar 100 sampai 120, tapi setelah Covid jadi menurun" Ujar bu Ai, sebagai salah satu pengajar. Pandemi Covid-19 menjadi alasan dibalik menurunnya semangat anak-anak untuk mengaji, karena sudah terbiasa berdiam diri dirumah dan juga aturan ketat yang diterapkan oleh pemerintah.

"Harapannya untuk Al-Mishbah ini bisa kembali anak-anaknya semangat mengaji lagi, terus banyak kegiatan yang biasa dilakukan seperti Pensi, tadabbur alam dan pembiasaan lainnya kembali seperti sediakala. Namun karena kondisi yang belum kembali seperti semula, untuk kegiatan diluar pengajian di Masjid belum dapat dilaksanakan" Ujar Pak Aep.

Dengan kondisi saat ini yang sudah mulai membaik dan status pandemi Covid-19 yang mulai berangsur berubah menjadi endemi, kegiatan masyarakat dapat kembali seperti semula.

Siti Marsela /KPI3D


×
Berita Terbaru Update