Budaya Dalam Berlalu Lintas

Oleh : Selvia Agustin

Masalah lalu lintas merupakan permasalahan yang sering dihadapi di kota-kota maupun daerah di Indonesia. Dapat dilihat dari tingkat Kecelakaan yang terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran diri dalam menaati peraturan lalu lintas yang sudah di tetapkan. Sedangkan peraturan ini dibuat untuk menciptakan rasa aman dan nyaman dalam berlalu lintas. Tetapi mirisnya tingkat kesadaran berlalu lintas di Indonesia sangat rendah.

Sehingga budaya tertib berlalu lintas di jalan sangatlah dibutuhkan dan diwajibkan untuk semua pengendara. Karena apa? Dengan budaya tersebut kita akan merasa nyaman dan aman di jalan. selain itu, dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang terjadi.

Oleh karena itu, setiap pengendara harus tahu cara bagaimana berkendara dengan baik dan benar. Tentunya ini dilakukan agar selama perjalanan tidak mengganggu kenyamanan orang, hingga mengambil hak orang lain sesama pengguna jalan.

Dimulai dengan keseharian kita sebagai pengendara tentunya kita harus ikuti peraturan lalu lintas yang ada di kota maupun di daerah kita, gunakan kelengkapan kendaraan dengan baik, mematuhi lampu lalu lintas dan tidak ugal-ugalan di jalan raya.

Perilaku pengendara di jalan memang bukan sekedar harus taat pada peraturan saja. Tetapi harus ikuti etika maupun norma yang berlaku, terlebih hindari melalukan kebiasaan tidak baik di jalan yang bisa merugikan orang lain.

Mahasiswa KPI 3D UIN Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023