Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Arogansi Membuat Rugi

Sabtu, 22 Oktober 2022 | Oktober 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-22T02:29:21Z

Oleh :Muhamad Alif Ridwan
Belakangan ini marak terjadi arogansi dijalan raya,dari mulai melontarkan kata-kata kasar bahkan hingga tindakan fisik yang menjurus pada kekerasan yang ditunjukan pada pengendara lain atau pengguna jalan lain.

Lantas, apa yang menjadi penyebab terjadinya arogansi dijalan raya?
Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia  (SCDI),Sony susmana mengatakan sejatinya sikap arogansi di jalan raya dapat dialami oleh semua pengguna jalan raya.

Senada dengan Sony, senior instructor sekaligus founder Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu menyebutkan faktor lainnya pemicu tindak arogan yakni rendahnya kesadaran dan empati masyarakat di ruang publik, dalam hal ini di jalan raya.

Berkaca dari kasus arogansi tersebut, penting memang untuk mengetahui apa yang disebut road rage atau perilaku agresif atau arogan yang ditunjukkan oleh pengendara kepada pengguna jalan lainnya.
Karena perilaku ini termasuk penghinaan kasar dan verbal, berteriak, ancaman fisik atau perilaku mengemudi berbahaya yang ditargetkan kepada pengemudi lain, pejalan kaki atau pengguna jalan lainnya dalam upaya untuk mengintimidasi atau melepaskan kekesalan atau ketidaksukaan.

Oleh karena itu sebagai upaya agar tidak terjadi lagi arogansi dijalan maka hendaknya melakukan  pencegahan yang bisa kita lakukan agar tidak merugikan diri sendiri dan oranglain karena arogansi ini,maka yang pertama yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya arogan dengan,berangkat lebih awal dengan begitu ada cukup waktu berkendara sehingga tidak buru-buru,itu membantu pengemudi lepas dari tekanan cepat sampai jadi lebih tenang dan selalu tertib berlalu lintas dan mengantisipasi segala kemungkinan yang tidak diinginkan dengan menjaga jarak dengan kendaraan lain.
                                                                                                                                 


 MUHAMAD ALIF RIDWAN
                                                                                                                                 
 MAHASISWA KPI UIN BANDUNG
                                                                                                                                 
 KAB.BANDUNG
×
Berita Terbaru Update