Islam Bahas Toleransi

Indonesia memliki banyak keragaman, baik itu suku, budaya, adat istiadat maupun agama. Agama Islam merupakan agama yang paling banyak dianut di negara Indonesia.
Tidak heran, pada hari-hari besar Islam, penduduk Indonesia terlihat merayakan satu hari raya besar bersama. Dikatakan seperti itu karena mayoritas penduduk Indonesia dari Sabang sampai Jayapura beragama Islam.
Namun, ketika menyikapi dan melihat banyaknya perbedaan diantara rakyat Indonesia baik itu dari ras, budaya maupun adat istiadat. Bagaimanakah pandangan dalam Islam?
Agama Islam ialah agama yang sangat bertoleransi, karena siapapun yang memeluk agama Islam, pastilah ia akan menjadi orang yang toleran terhadap segala sesuatu hal yang berbeda pandangannya, sikapnya terutama agamanya.
Beberapa dalil dalm Al Quran mengajarkan pentingnya toleransi, salah satunya ialah tidak ada paksaan dalam memeluk agama. Dalam hal ini, Islam sebagai mayoritas di Indonesia merupakan hasil dari kemauan dan kesadaran sendiri dari pemeluknya tanpa ada paksaan sedikitpun.
Islam ialah suatu agama yang sangat lengkap mengatur kehidupan manusia, salah satu dimensi yang dajarkan dalam Islam ialah dimensi hubungan antara manusia dengan manusia.
Peraturan Islam tersebut tidak mengandung kecacatan, kesalahan maupun ketimpangan. Karena ajaran Islam itu ajaran yang indah, paripurna serta tiada dua. Sesuai dengan fitrah manusia.
JIka ada orang Muslim yang tidak sesuai dengan pertauran Islam yang lengkap itu maka dapat dipastikan orang Muslimnya yang bermasalah dan tidak ada kesalahan sedikitpun dari peraturan-peraturan Islam itu sendiri.

Indra Margana
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.
0821 2012 1810
marganaausi@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023