Yuk, Pahami Sebelum Berselancar di Dunia Maya

Saat ini media social menjadi garda terdepan dalam komunikasi model baru, yang tak hanya sebagai media menyampaikan pesan dan informasi saja tetapi sudah beralih fungsi sebagai influenser atau yang mempengaruhi. Media social ini telah mempengaruhi beberapa aspek, seperti persepsi, perilaku seseorang, mempengaruhi keputusan suatu kelompok masyarakat dan ikut serta dalam pengembangan kesadaran opini public.

Pengguna media social tak lagi mengenal  usia, dari para orang tua hingga anak-anak mahir bermedia. Hampir setiap hari mereka menggunakan media social yang kini sudah sebagai kebutuhan hidupnya, untuk berkomunikasi dengan keluarga, rekan bisnis, pembimbing dan lain sebagainya. banyak aplikasi yang bisa di akses, seperti facebook, youtube, instagram, twitter, line dan masih banyak yang lainnya.

Dalam menggunakan media social, tentu kita harus paham kemungkinan-kemungkinan apa saja yang bakal terjadi. Maka dari itu, dalam bermedia kita harus menjaga sikap, ketikan, dan etika. Meskipun kita tau, jkalu di dunia maya kita bebas melakukan apa saja, tetapi bukan berati kita juga bebas menenebar kejelakan di dunia maya. Banyak penggguna media social yang salah mengartikan hal ini, sehingga kerap kali menebar kejelekan entah berbentuk tulisan, gambar ataupun video. Tanpa kita sadari, apa yang kita posting di sunia maya justru akan membawa petakaa bagi diri kita apabila kita memposting sesuatu yang sifatnya merugikan kelompok manapun. Bahkan bisa sampai ke ranah hukum.

Langkah bijak yang harus diambil dalam menggunakan media social yang pertama, hindari memposting sesuatu yang dapat merugikan orang lain, berbau sara dan pornografi. Kedua, cari kebenaran informasi sebelum menyebar luaskan kepada khalayak. Ketiga, jangan sering mempostis tentang diri sendiri karena itu juga bisa membahayakan kita. Keempat, gunakan bahasa yang sopan ketika menulis di meia social baik itu diakun pribadi maupun dilapak komentar orang lain.

Pelajari dulu hal-hal dasar dalam bermedia social. Jangan sampai ketikan kita menjadi boomerang bagi diri kita sendiri. Bijaklah dalam menggunakan media maya jangan sampai merugikan oran lain dan diri sendiri.

Nurul Maghfiroh Rizqi Maulida
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat
Email: nurullmaulida932@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023