Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waspada Terjadinya Bencana Saat Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:27:06Z

Musim pancaroba merupakan suatu keadaan dimana terjadinya peralihan musim antara musim kemarau dengan musim penghujan disetiap tahunnya. Pergantian musim ini menjadikan cuaca di wilayah sekitar menjadi berubah-ubah tak menentu, dimana yang awalnya cuaca terasa panas berubah menjadi mendung lalu turun hujan ataupun sebaliknya. Terutama dalam pergantian musim kemarau menjadi musim penghujan seperti saat ini dapat mengakibatkan terjadinya cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan berbagai macam bencana seperti angin puting beliung, banjir, dan longsor.

Tidak bisa diperkirakan secara pasti kapan bencana itu akan terjadi, walaupun telah dipasang berbagai macam teknologi canggih disekitar wilayah yang berpotensi terjadinya bencana. Namun terkadang teknologi tersebut dapat rusak dan tidak berfungsi sewaktu-waktu. Maka dari itu yang dapat kita lakukan adalah mengantisipasi atau mencegah sebelum bencana itu datang. Untuk masyarakat yang berada disekitar wilayah rawan bencana sebaiknya selalu meningkatkan kewaspadaan dan selalu meng-update tentang perkiraan cuaca.

Di beberapa daerah sebuah lembaga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan kegiatan pemantauan dan pemetaan diwilayah yang berpotensi terjadinya bencana saat mulai memasuki musim penghujan. Hal ini dapat mengurangi sedikit rasa khawatir dari masyarakat terhadap bencana. Adapun sebaiknya lembaga mitigasi bencana memberikan berbagai macam edukasi kepada masyarakat mengenai tanda-tanda akan terjadinya bencana, pencegahan, penaganan, dan penanggulangan ketika terjadi bencana tersebut.

Namun selain pemberian edukasi, masyarakat sendiri pun harus memiliki kesadaran dalam diri masing-masing tentang bahayanya bencana ini jika tiba-tiba terjadi. Dan kesadaran akan lingkungan sekitar dana lam ini, karena salah satu penyebab bencana ini pun terjadi karena kelalaian masyarakatnya sendiri, seperti bencana banjir yang terjadi karena faktor tersumbatnya aliran sungai karena penumpukan sampah dari masyarakat atau penebangan pohon yang berlebih.

Oleh karena itu, kesadaran setiap individu baik masyarakat maupun lembaga pemerintah sangat penting dalam mencegah atau mengantisipasi terjadinya bencana. Dan perlu sosialisai yang lebih terhadap masyarakat agar paham dalam mengantisipasi bencana nantinya. Serta tindakan dalam pencegahan bencana yang nyata.

 

Oleh: Sindy Maulia Herdiyanti

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

Sent from Mail for Windows

 

×
Berita Terbaru Update