Waspada Si Kecil saat Pancaroba

      Arti kata Pancaroba menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah keadaan yang tidak menentu (serba kalut dan sebagainya).Beberapa penyakit umum pada anak saat musim pancaroba antara lain adalah :

1. Infeksi Pencernaan dan Diare
Maka dari itu, penting sekali bagi anak kita untuk menjaga kebersihan,baik kebersihan makanan ataupun kebersihan badan, serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Selain itu, pastikan anak anda untuk menghindari kebiasaan makan sebelum cuci tangan.
2. Demam berdarah
Demam berdarah dengue atau bisa di sebut DBD ditularkan melewati gigitan nyamuk yang terinfeksi virus dengue. Penyakit ini seringkali terjadi pada awal memasuki musim penghujan, Demam berdarah sering kali menjadi wabah ketika musim penghujan tiba. Sebab, selama hujan turun terdapat banyak genangan air. Oleh sebab itu, di musim hujan biasanya dilakukan berbagai tindakan pencegahan agar penyebaran virus demam berdarah tidak merajalela.
Biasanya DBD ditandai dengan Demam tinggi, sakit kepala nyeri otot, tulang, atau sendi, mual, muntah, bintik-bintik merah atau bercak pada kulit.
2. Influenza
Jika sistem pencernaan yang tidak sehat, membuat penyerapan nutrisi dalam tubuh berjalan tidak sempurna. Untuk menghindarkan Si Kecil jatuh sakit, berikan imunisasi yang sesuai dengan umurnya, serta diimbangi dengan pemberian nutrisi. Salah satu sumber nutrisi utama yang bisa Anda berikan langsung kepada Si Kecil adalah ASI. Kandungan gizinya merupakan sumber sel-sel kekebalan terbaik. Bisa juga tidak hanya ASI, bayi juga membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI) yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya yang bisa diberikan langsung kepada Si Kecil untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. 

Hasilnya, penyembuhan akan lebih cepat dibandingkan anak yang tidak kandungan dalam MPASI. Jadi, Bunda tidak perlu lagi khawatir Si Kecil akan terserang penyakit saat musim pancaroba.

Diyanah Fithrah Aliyyah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023