Waspada Penyakit Pada Saat Musim Pancaroba

Dakwahpos.com, Jakarta- Musim pancaroba adalah musim dimana terjadinya peralihan dua musim, antara musim kemarau ke musim hujan, dan musim hujan ke musim kemarau. Musim pancaroba biasa ditandai dengan frekuensi tinggi badai, hujan yang sangat deras/lebat yang disertai petir, guntur dan angin kencang. Pada saat musim pancaroba, siang hari bisa sangat panas dan terik, namun saat di malam hari bisa terasa sangat dingin bahkan hujan deras bisa terjadi.


Pada saat musim pancaroba, kita jadi lebih mudah terserang penyakit terutama penyakit-penyakit yang memang kerap hadir di musim pancaroba. Terlebih lagi, hari ini kita masih berperang dengan pandemi COVID-19 yang belum usai. Maka dari itu kita harus mewaspadai penyakit-penyakit yang kerap bermunculan pada musim pancaroba. Kebanyakan penyakit yang menyerang disebabkan bakteri atau virus. Lalu sebetulnya, apa saja penyakit yang mungkin menyerang kita saat musim pancaroba?


Menurut berbagai sumber, salah satu penyakit yang harus kita waspadai adalah influenza. Penyakit ini bisa menyerang orang-orang yang imunitasnya lemah di musim pancaroba ini. Influenza akan membuat kita tidak nyaman dalam berkegiatan sehari-hari. Gejala dari influenza biasanya hidung tersumbat, batuk kering, serta mudah lelah.

Selanjutnya, ada gangguan sistem pencernaan. Gangguan sistem pencernaan adalah penyakit yang dapat terjadi pada kita saat musim pancaroba. Gangguan sistem pencernaan yang terjadi seperti panas dalam dan diare. Penyakit ini disebabkan karena tubuh harus beradaptasi dengan perubahan cuaca ekstrem sehingga daya tahan tubuh menurun.


Lalu ada tipes atau demam typhoid. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphosa yang menyerang saluran pencernaan. Bakteri ini berkembang biak dengan cepat di air yang kotor. Biasanya, saat musim pancaroba, hujan sering terjadi. Serangan tipes mempunyai gejala seperti demam, diare, hingga nafsu makan hilang. Orang yang terkena tipes harus memakan makanan yang lunak selama sakit.

Hal yang paling penting demi mencegah terkena penyakit pada saat musim pancaroba adalah mencuci tangan. Bakteri dan virus bisa menyebar dari orang ke orang, kan? Maka dari itu jangan lupa mencuci tangan sebagai bentuk pencegahan dari penyebaran virus pada musim pancaroba.


Selain itu, tentu saja makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, serta berolahraga secara teratur. Banyak dari kita yang tidak memedulikan apa yang dimakan, lalu begadang setiap hari serta jarang olahraga. Hal ini membuat kita rentan terkena penyakit saat musim pancaroba. Maka dari itu, usahakan agar dapat menjaga imunitas tubuh dan bila perlu mengonsumsi vitamin agar kesehatan kita terjaga.


Reporter: Jihan Nur Setyo R

Mahasiswa KPI, UIN SGD BDG 


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023