Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waspada Penyakit di Pancaroba Pertama

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T13:30:50Z

Indonesia mengalami musim pancaroba sebanyak 2 kali. Musim pancaroba pertama terjadi sekitar bulan September-Oktober, yaitu saat peralihan musim kemarau ke musim hujan. Musim pancaroba kedua terjadi sekitar bulan April, yaitu saat peralihan musim hujan ke musim kemarau. Indonesia di bulan Oktober 2021 ini akan mengalami musim pancaroba yang pertama.

Salah satu ciri-ciri datangnya musim pancaroba pertama di Indonesia yaitu ditandai dengan sering terjadinya hujan deras disertai petir dan angin kencang dengan intesitas yang tinggi. Perubahan ini memiliki dampak bagi lingkungan dan juga manusia. Bagi lingkungan, perubahan tersebut dapat mengakibatkan bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan puting beliung. Sedangkan bagi manusia, perubahan tersebut dapat memengaruhi daya tahan tubuh seseorang menjadi lemah yang membuatnya menjadi rentan terkena penyakit.

Penyakit-penyakit yang ditimbulkan akibat pancaroba pertama beragam jenisnya yang terjadi di masyarakat. Umumnya, penyakit yang menyerang masyarakat saat pancaroba pertama yaitu flu, demam berdarah, tipes, dan diare. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti adanya perubahan suhu dan kelembapan udara oleh perubahan cuaca yang mengakibatkan virus dan bakteri lingkungan bereaksi menyerang manusia lewat berbagai perantara seperti air, udara dan segala hal yang dikonsumsi manusia.

Maka dari itu, perlu adanya kesadaran dan kewaspadaan bagi masyarakat dalam mengantisipasi penyakit-penyakit tersebut. Masyarakat harus mulai melakukan segala upaya pencegahan sebelum pancaroba pertama tiba, baik pada lingkungan maupun diri sendiri. Pada lingkungan, masyarakat bisa mulai dengan membersihkan selokan yang kotor dan melakukan fogging. Sedangkan pada diri sendiri, bisa dimulai dengan membiasakan pola hidup sehat dan bersih.

Qisthon Fannani
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update