Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waspada Datangnya Musim Pancaroba

Kamis, 16 Desember 2021 | Desember 16, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-16T07:43:05Z

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk mewaspadai adanya cuaca ekstrem di musim pancaroba atau yang dikenal dengan masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan ataupun sebaliknya.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa cuaca ekstrem berpotensi terjadi selama musim peralihan. Mulai dari hujan deras disertai petir dan angin kencang yang dapat menimbulkan terjadi bencana alam seperti, banjir juga tanah longsor.

Selain itu perubahan cuaca juga berdampak pada kesehatan manusia. Karena kita merasakan suatu keadaan berubahnya suhu udara, yang terkadang cuaca disiang hari terasa begitu panas dan dimalam hari terasa sangat dingin. Keadaan ini dapat membuat kondisi daya tahan seseorang melemah sehingga menjadi rentan terkena penyakit.

Kebanyakan penyakit yang menyerang diakibatkan oleh bakteri dan virus. Hal ini karena perubahan suhu udara yang cepat menjadi lembab dan dingin yang mengakibatkan perkembangan virus dan bakteri semakin cepat. Adapun penyakit yang dialami seperti infeksi saluran pernafasan, diare, alergi, flu, demam berdarah, hingga tipus.

Maka dari itu penting bagi kita mempersiapkan diri untuk memasuki musim pancaroba ini agar dapat mewaspadai timbulnya kejadian yang tidak diinginkan. Mulai dari mempersiapkan bekal pemahaman ketika menghadapi musim pancaroba, memperhatikan kondisi dan keadaan lingkungan sekitar sebagai upaya mengurangi timbulnya bencana yang dapat diperparah ketika musim pancaroba datang, rajin untuk ber olahraga serta memperhatikan pola makan yang baik agar imun kita naik, sehingga tubuh kita menjadi sehat dan rentan timbulnya penyakit.


Indah Nurhayati
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa barat
×
Berita Terbaru Update