Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waspada Cuaca Ekstrem Saat Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:23:12Z

Dakwahpos.com, Bandung - Memasuki masa pancaroba atau peralihan musim tahun 2021, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Cuaca ekstrem berpotensi besar terjadi selama musim peralihan ini. Mulai dari hujan disertai petir dan angin kencang serta hujan es. Curah hujan yang tinggi tentunya menjadi salah satu pemicu bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir bandang dan tanah longsor.

Selain itu, penyakit juga rentan terjadi di masa pancaroba ini, seperti flu dan deman berdarah dengue (DBD). Hal ini dikarenakan perubahan suhu yang dramatis. Terlebih lagi di situasi pandemi covid-19 seperti ini. yang membuat kita harus ekstra  menjaga kesehatan agar tidak mudah jatuh sakit. Ada beberapa tips untuk menghindari penyakit di musim pancaroba ini. Mulailah dengan mencuci tangan secara rutin, banyak berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan pastikan agar tubuh dapat beristirahat cukup enam sampai delapan jam.

Masyarakat juga dihimbau untuk membersihkan saluran air, baik di perumahan, di komplek atau sungai-sungai. Pembersihan saluran ini bisa dilakukan oleh warga atau pemerintah daerah setempat untuk mengatisipasi kemungkinan banjir saat musim hujan. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk menebang pohon yang berdaun rindang agar tidak roboh ketika terkena angin kencang. Penebangan perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan munculnya korban jiwa karena tertimpa pohon yang roboh akibat angin kencang atau hujan lebat

Tentunya kita harus selalu waspada dari musim pancaroba dan masa pandemi covid-19 ini. Dengan selalu menjaga kesehatan dan peduli pada lingkungan sekitar.


Aqil Supriyanto

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat


×
Berita Terbaru Update