Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Urgensi Toleransi Antar Mahasiswa

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:47:42Z

Tumbuh di tengah perbedaan membiasakan diri kita untuk saling toleransi. Kehidupan mengenai perilaku toleransi terhadap sesama sangatlah penting, demi berjalanya keharmonisan dan ketentraman.

Anak muda Indonesia lebih optimis dalam memelihara toleransi terhadap sesama, karena mereka cenderung mempunyai visu misi yang sama dalam mengejar mimpi demi membangun persatuan Indonesia.

Kehidupan antar mahasiswa yang memasuki usia produktif menjadi masa untuk mencari teman sebanyak-banyaknya, guna memperluas jaringan. Hal tersebut tentu akan bertemu dengan orang-orang yang mempunyai latar belakang dan keragaman yang berbeda. Seperti adanya perbedaan suku, ras bahkan agama. Tetapi dengan adanya perbedaan tersebut kita tidak boleh menilai seseorang tanpa mengenalinya terlebih dahulu, karena  sebuah perbedaan  bukan menjadi masalah utama,  apabila kita bisa tulus dan berkomitmen untuk saling menghargai perbedaan mereka, akan tercipta persatuan dalam persahabatan yang memiliki latar berbeda.

Lingkungan kehidupan mahasiswa tentu tidak lepas dari adanya dialog dan berdiskusi, atau mengutarakan pendapat. Tetapi, hal tersebut tidak lepas dari adanya kebiasaan buruk  berbicara didalam forum, yaitu adanya memotong pembicaaran orang lain. Dengan demikian kebiasaan tersebut jangan dilakukan, karena sebagai mahasiswa yang ngerti kita harus bisa menghargainya dengan cara mendengarkan pembiacraan orang hingga selesai, supaya orang akan berbalik respect kepada kita.

Dalam mengutarakan pendapat, semua orang mempunyai hak baik dalam menilai, mengkritiki, memberikan pendapat pro maupun kontra. Tetapi kita harus tau bagaimana cara kita dalam menyampaikan pendapat, tanpa harus menghakimi lawan biacara kita. Hal yang paling utama kita harus memakai tutur kata yang baik dan bisa saling menerima antar kritikan dan pendapat yang disampaikan. 

Dengan demikian sebuah perbedaan antar mahasiswa akan selalu berjalan dengan harmonis dan tentram jika bisa saling memahami, menghormati dan menghargai.

 
Resta Komalasari
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat
081310631586
×
Berita Terbaru Update