Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Urgensi Hidrasi Tubuh Saat Musim Pancaroba

Rabu, 15 Desember 2021 | Desember 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-14T23:50:42Z


       Musim pancaroba di bulan Oktober merupakan transisi dari musim panas ke musim hujan. Pada musim transisi terjadi anomali cuaca yang ekstrem dan pergantian cuaca sulit diprediksi. Dalam kondisi tersebut imunitas tubuh sangat rawan menurun, sehingga tubuh rentan terserang berbagai penyakit.

       Banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh saat musim pancaroba. Mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan menjaga kebersihan lingkungan. Akan tetapi, pada musim pancaroba kebutuhan hidrasi tubuh sering terabaikan.

       Kebugaran tubuh menjadi benteng diri dari ancaman berbagai penyakit. Salah satu cara menjaga kebugaran tubuh adalah memastikan hidrasi tubuh cukup terpenuhi dengan minum air mineral. Pemenuhan mineral dalam tubuh sangat berguna untuk memastikan berbagai fungsi dari sistem organ tubuh, menjadi media eliminasi sisa metabolisme, dan membawa nutrisi ke sel-sel tubuh.

       Menjaga kebutuhan cairan tubuh sangat penting terutama pada musim pancaroba. Mengingat tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air yang rata-rata berjumlah 55% sampai 60%. Oleh karena itu, jika tubuh kekurangan cairan akan menimbulkan dehidrasi.

       Jika tubuh mengalami dehidrasi, banyak gangguan kesehatan yang akan terjadi. Kekurangan mineral akan menurunkan kemampuan fisik dan kognitif dalam tubuh, sehingga pengaturan suhu tubuh dan fungsi kardiovaskular terganggu. Jika hal ini terjadi maka kesehatan dan imunitas tubuh akan menurun dan pada akhirnya tubuh rentan terserang berbagai penyakit.

       Selain itu, kehilangan banyak cairan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan dehidrasi kronis, sehingga memiliki efek yang sangat berbahaya dan mengancam jiwa. Diantara penyakit tersebut adalah tekanan darah rendah, batu ginjal, infeksi saluran kemih, bahkan sampai kematian. Oleh karena itu, pemenuhan mineral dalam tubuh sangat penting dan jangan sampai terabaikan.

       Adapun aturan ideal minum air mineral yang baik untuk kesehatan diantaranya yaitu minum setelah bangun tidur karena dapat membantu metabolisme tubuh dan membuang racun dalam tubuh. Kemudian minum sebelum makan dapat membantu melancarkan proses pencernaan, dan minum sebelum tidur karena dapat meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, membiasakan untuk menjadikan air mineral sebagai minuman utama saat haus dan lelah, serta selalu membawa air mineral saat bepergian.

       Jika jumlah hidrasi tubuh terpenuhi, akan banyak manfaat yang dirasakan diantaranya meningkatkan fungsi otak, melancarkan sistem pernapasan, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan ginjal. Selain itu, air mineral juga dapat membersihkan kotoran dan racun dalam tubuh, serta dapat menjaga suhu tubuh tetap normal. Kemudian hidrasi tubuh yang cukup akan membantu menjaga imunitas tubuh agar tidak menurun, sehingga tubuh siap menghadapi berbagai serangan pada musim pancaroba.


Ayu Sri Wahyuni
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat.
×
Berita Terbaru Update