Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Toleransilah! Hidup mu damai

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:34:11Z

toleransi adalah sikap menghargai dan menghormati perbedaan antarsesama manusia. Allah SWT menciptakan manusia berbeda satu sama lain. Toleransi juga bisa diartikan sebagai bentuk dari kedekatan seorang teman. Dengan toleransi kita dapat bersosialisasi , bekerjasama dengan siapapun. Adanya toleransi bermaksud untuk mencegah perpecahan perbedaan pemikiran.

Banyak macam-macam toleransi , yaitu toleransi terhadap agama , toleransi terhadap budaya , dan toleransi terhadap kehidupan seseorang. Sifat Toleransi ini harus kita miliki, karena kita adalah manusia makhluk sosial. Kita sebagai manusia tidak bisa menjalani hidup sendiri. Kita butuh orang lain untuk membantu kita. Makanya dari itu sifat Toleransi harus kita miliki dan kita terapkan.

Toleransi bermaksud untuk menyatukan atau mencegah terjadinya permusuhan. Karena dinegara Indonesia banyak budaya , suku, agama ,dan bahasa yang harus kita hormati juga. Selain itu toleransi bisa membuat kehidupan kita aman dan damai. Jika kita menerapkan sifat Toleransi ini kepada kehidupan kita, maka orang lainpun tidak akan segan dengan kita, dan mendapatkan banyak teman.

Ketika seorang tidak menerapkan sifat Toleransi ini, akan mengakibatkan banyaknya perselisihan, peperangan, atau saling ejek antara satu dengan yang lain. Toleransi bisa membuat kerukunan disuatu masyarakat. Hidup bertoleransi tidaklah susah bagi kita, kita hanya menghargai apa yang berbeda dengan kita, karena itulah kehidupan. Tidak bisa kita mensama ratakan perbedaan.

Dengan adanya perbedaan tercipta lah suatu kerukunan. Perbedaan ini bukanlah untuk dimusuhi , melainkan untuk dihormati satu sama lain. Itulah yang harusnya terbenam didalam manusia , agar hidup dengan damai. Hidup bertoleransi adalah hidup yang indah, karena saling hormat satu sama lain adalah kunci dari kerukunan.

Mochamad Maulana
Mahasiswa KPI UIN sunan gunung Djati Bandung
BOGOR , kec. BOGOR TIMUR , kel. Katulampa , Jln Katulampa RT 03 RW 09 , kode pos 1614 No rumah 91
089516846820
×
Berita Terbaru Update