Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Toleransi Antar Umat Beragama

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:29:31Z

Manusia adalah mahluk individu dan mahluk sosial,sebagai mahluk sosial masusia memiliki kebutuhan kepada orang lain dalam urusan apapun,karena meskipun manusia adalah mahluk individu,manusia tidak akan bisa hidup sendirian,manusia pasti memiliki kebutuhan dengan orang lain,maka dari pada itu toleransi sangat di butuhkan untuk keberlangsungan hidupnya.

Toleransi juga dapat berarti suatu sikap atau perilaku saling menghormati dan menghargai antar manusia dalam kehidupan. Sikap toleransi dapat menghindari terjadinya diskriminasi,Rasisme, walaupun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.

Contoh sikap toleransi antara lain : menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan kita,saling tolong-menolong antar sesama manusia tanpa memandang suku, ras, agama, dan antar golongan.

 Sebagai manusia agama adalah sebuah kewajiban yang harus dimiliki seseorang,agama adalah sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan/perintah dari kehidupan.Banyak agama memiliki narasi, simbol, dan sejarah suci yang dimaksudkan untuk menjelaskan makna hidup dan menjelaskan asal usul kehidupan. 

Dari keyakinan mereka tentang sifat manusia, orang memperoleh moralitas, etika, hukum agama atau gaya hidup yang disukai. Menurut beberapa perkiraan, ada kurang lebih 4.200 agama di dunia. memang di beberapa negara banyak yang tidak memiliki agama,tapi di negara Indonesia beragama adalah suatu kewajiban yang di tulis di dasar hukum negara Indonesia.

Dari penjelasan di atas toleransi antar umat beragama adalah adanya sikap yang ditunjukan dengan perilaku,perbuatan dan gerakan secara fisik untuk menghargai pendapat orang lain mengenai pemikiran dalam memilih keyakinan antar manusia.

Setiap agama pasti menyuruh untuk saling menghargai,seperti di agama islam untuk urusan sosial agama islam sangat menganjurkan untuk menghargai pendapat orang lain,tidak memandang suku,ras maupun agama.

Kehidupan di dunia ini sangatlah luas. Budaya maupun agama yang ada di dunia ini sangatlag banyak lalu kita sebagai manusia harus menghargai perbedaan dan juga menerima perbedaan tersebut, setiap manusia memiliki keyakinan dan budaya nya masing masing dan jikta kita tidak menerima perbedaan tersebut maka dunia ini tidak akan tentram oleh karena itu sikap toleransi harus di miliki oleh setiap manusia.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari toleransi antar umat beragama, yang mempunyai peran penting di kehidupan kita sehari hari, tapi harus di ingat juga tolarnsi juga harus sewajarnya jangan berlebihan karena dapat mengganggu hak dan kepentingan orang lain juga dapat merugikan diri kita sendiri

Manfaat yg di dapatkan dari toleransi antar umat beragama :

1. Dapat terhindar dari adanya perpecahan antar umat beragama

2. dapat mempererat silutarhmi

3. terciptanya kehidupan tentram dalam bermasyarakat

4. lebih mempertebal keimanan

×
Berita Terbaru Update