Toleransi Antar Umat Agama

Manusia adalah makhluk yang sosial dan individu, dimana manusia tidak bisa hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain. Maka sebagai mahkluk yang sosial manusia harus memiliki rasa toleransi kepada orang lain dalam urusan apapun.

Toleransi bisa di artikan sebagai suatu sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau antar individu dalam kehidupan masyarakat.

Secara umum toleransi adalah menghargai pendapat mengenai pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita, seta saling tolong-menolong tanpa memandang suku, ras, antar golongan, dan agama. Dengan sikap bertoleransi itu dapat terhindar dari deskriminisasi.

Toleransi antar umat beragama adalah adanya sikap yang ditunjukan dengan perilaku, perbuatan dan gerakan secara fisik untuk menghargai pendapat orang lain mengenai pemikiran dan kepercayaan atau keyakinan antar individu.
Kehidupan di dunia ini sangatlah luas dan karena luasnya dunia ini kehidupan, gaya, bahasa, budaya maupun agama sangatlah banyak. Maka kita harus bisa menghargai dan menerima perbedaan-perbedaan tersebut.

Setiap individu memiliki kepercayaan, keyakinan, dan budaya mereka masing-masing. Jadi ketika ada salah satu individu yang tidak menerima perbedaan dan keyakinan tersebut maka akan terjadi suatu masalah percekcokan antar individu tersebut.

Maka bertoleransi antar agama sangat lah penting. Tujuanya untuk mencegah sesuatu masalah antar individu. Karena setiap agama pasti menganjurkan untuk saling menhargai. Seperti contoh di agama islam, di agam islam untuk urusan sosial agama islam sangat menganjurkan untuk menghargai pendapat orang lain, tidak memandang suku, ras maupun agama.

Dengan menjaga kerukunan antar sesama manusia dan menghindar dari perbuatan saling benci ini akan mendapatkan nikmat yang di berikan kepada Allah SWT. Tentu dengan sikap toleransi akan membuat hamba tersebut semakin dekat dengan Tuhannya dan semakin mempertebal keimanan yang dimiliki oleh seseorang.

Muhamad Firman Hakiki
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Bandung, Jawa Barat
085293873304
Hakikimfh17@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023