Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:15:31Z

Musim pancaroba atau masa peralihan dua musim utama di negara tropis, yaitu dari musim kemarau ke musim hujan mulai terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Musim pancaroba disebut juga sebagai musim sakit, karena ada beberapa alasan yang menyebabkan mengapa di musim pancaroba serangan penyakit menjadi tinggi.


Musim pancaroba terjadi dua kali dalam satu tahun, biasanya terjadi pada bulan Maret sampai April yang merupakan masa pergantian dari musim hujan ke musim kemarau. Dan juga pada bulan September sampai Oktober yang merupakan peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Musin ini ditandai dengan aingin kencang, hujan yang datang secara tiba-tiba dalam waktu singkat, adanya puting beliung, udara terasa panas, serta arah angin yang tidak teratur.


Perubahan cuaca yang tidak menentu dari hujan ke panas kemudian ke hujan lagi membuat daya tahan tubuh kita menjadi rendah. Daya tahan tubuh yang turun menjadikan kita rentan akan mengalami berbagai macam penyakit. Diantaranya yaitu panas dalam, batuk, pilek, masuk angin, asma, sakit kepala, tenggorokan terasa kering sehingga sulit untuk menelan dan yang lain sebagainya.


Alasan mengapa musim pancaroba sebagai musim penyakit karena cuaca yang berubah ini akan mengubah tekanan udara, suhu, serta komposisi udara. Hal ini menciptakan kondisi yang sesuai bagi tempat berkembangnya kuman dan virus yang ada disekitar manusia. Serangan kuman dan virus kemudian ditambah dengan daya tahan tubuh yang rendah akan menyebabkan kita mudah terserang penyakit.


Untuk itu tips agar tetap sehat selama musim pancaroba yaitu pertama, selalu membawa jaket atau jas hujan ketika keluar rumah: salah satu ciri musim pancaroba yaitu perubahan cuaca yang ekstrem (terjadi di hari yang sama), misal pagi hari panas kemudian tiba-tiba di siang hari turun hujan. Kedua, memenuhi kebutuhan asupan sehari-hari: jika kebutuhan gizi terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh juga akan bekerja dengan maksimal untuk melawan virus yang masuk. Ketiga, mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup: khususnya vitamin C yang merupakan salah satu vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun dan kekebalan tubuh.


Oleh karenanya, di musim pancaroba ini kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita supaya tidak terserang penyakit dan terjaga dari virus, kuman, maupun bakteri yang dapat menyebabkan turunnya kekebalan imun kita.


Oleh : Tasfiyatul Qobi Azzahra

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update