Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Menjaga Kesehatan Anak Dimusim Pancaroba

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T13:34:34Z

 

 

Musim pancaroba merupakan  masa peralihan dari satumusim ke musim lainnya. Pada musim ini, umumnya cuacamenjadi tidak menentu, sehingga memaksa tubuh untukmenyesuaikan diri dalam waktu yang cepat. Akibatnya, dayatahan tubuh bisa terganggu. Tak heran bila musim pancarobasering kali dikaitkan dengan munculnya berbagai penyakit, terutama pada anak-anak.

Penyakit yang umum dialami oleh anak-anak pada musimpancaroba adalah batuk pilek atau influenza. Untukmencegahnya, orang tua perlu menjaga daya tahan tubuh anak. Bila daya tahan tubuhnya kuat, anak bisa tetap sehat sekalipuncuaca tidak menentu.

Beragam Cara Menjaga Kesehatan Anak di Musim Pancaroba

Agar si kecil tetap sehat dan terhindar dari penyakit saat musimpancaroba, ada beberapa tips bisa Anda lakukan sebagai orang tua, antara lain membiasakan anak untuk mencuci tangan, Ajarianak untuk mencuci tangan dengan benar sedari kecil terutamasesudah makan dan minum serta setelah buang air kecil danbesar.

Selanjutnya pastikan anak cukup tidur karena kualitas dankuantitas tidur anak sangat memengaruhi kondisi kesehatannya, terutama saat musim pancaroba, selanjutnya bimbing anak agar tetap aktif karena musim pancaroba seharusnya tidakmenghalangi si kecil untuk beraktivitas. Anak justru dianjurkanuntuk tetap aktif bergerak, misalnya dengan bermain atauberolahraga. Alasannya adalah karena aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan stamina dan dayatahan tubuh anak, serta membantu tumbuh kembangnya.

Selanjutnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, merupakan langkah yang penting untuk menjaga kesehatan, khususnya di musim pancaroba. Kuman penyebab penyakit, seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit, dapat menempel padakotoran dan debu di dalam rumah, serta pada pakaian danpermukaan tubuh setelah beraktivitas di luar rumah. Bilakebersihan dirinya terjaga, anak dapat terhindar dari beragampenyebab penyakit tersebut.

Selanjutnya memberikan anak makanan bergizi seimbangkarena pola makan yang sehat tentunya dapat meningkatkan danmenjaga kesehatan si kecil, selain juga membantu tumbuhkembangnya. Nutrisi yang ada di dalam makanan sehat mampumenjaga daya tahan tubuh anak, terutama di musim pancaroba, berikut ini adalah beberapa contoh makanan bergizi yang perluAnda berikan pada si kecil pada musim pancaroba seperti coklathitam, kunyit, ikan berminyak, brokoli, ubi jalar, Bayam, jahe, dll.

Arrumy Marwa.P, KPI 3A

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dikirim dari iPhone saya

×
Berita Terbaru Update