Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Jitu Melawan Ancaman Gagal Panen saat Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:52:13Z

Musim pancaroba merupakan salah satu faktor yang membuat banyak petani gagal panen. Hal ini tentu saja sangat merugikan, terlebih banyak masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai petani.  Jika hasil panen gagal, maka banyak petani yang pendapatannya terhambat dan bisa menyebabkan harga makanan pokok melambung naik. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang tepat agar bisa memanfaatkan musim pancaroba ini dengan baik.

            Upaya pertama yang harus dilakukan adalah mengenali jenis hama yang bisa menyerang tanaman di musim pancaroba. Hal ini penting dilakukan karena pada musim pancaroba banyak sekali muncul hama yang menyebabkan tumbuhan mati dan produktivitas menurun. Umumnya Organisme Penganggu Tanaman yang berkemang lebih cepat saat musim pancaroba adalah ulat. Ulat biasanya menyerang tanaman padi, ubi jalar, kubis, cabai, dan bawang.

            Upaya kedua adalah lahan yang digunakan untuk budidaya tanaman harus siap dan bersih. Hal ini penting dilakukan jika ingin tanaman tumbuh dengan bagus. Sebelum mulai menanam tanaman baru, lakukanlah penggemburan lahan dan juga bersihkan lahan dari sisa tanaman dan bersihkan juga rumput liar yang dapat menyebabkan berkembangnya hama bagi tumbuhan baru yang akan ditanam.

            Jika kedua upaya di atas telah dilakukan, lakukanlah upaya ketiga yaitu menaman tanaman yang cocok ditanam saat musim pancaroba. Tanaman yang bagus jika ditanam saat musim pancaroba di antaranya adalah tomat, melon, semangka, padi, cabai, timun, terong, sayur-sayuran, umbi-umbian, dan beberapa jenis tanaman serealis.

            Musim pancaroba bisa dimanfaatkan para petani untuk menanam tanaman yang bisa tumbuh saat musim pancaroba. Meskipun tidak ada jaminan 100 persen akan berhasil. Namum, menanam beberapa tanaman yang bisa ditanam saat musim pancaroba dengan menerapkan beberapa upaya yang telah dibahas di atas bisa mengurangi risiko gagal panen dan menambah produktivitas.

 

Yulia Rahma Kamila

Mahasiswi jurusan KPI UIN SGD Bandung

×
Berita Terbaru Update