Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Hadapi Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:48:26Z

Musim pancaroba adalah musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya, biasanya ditandai dengan perubahan cuaca yang tidak menentu. Pagi hingga siang terasa panas lalu tiba-tiba hujan deras dari sore hingga malam hari sehingga menyebabkan perubahan udara dan suhu yang cukup drastis. Perubahan-perubahan ini memaksa tubuh untuk beradaptasi dengan cepat yang akhirnya dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Rendahnya daya tahan tubuh dapat menyebabkan kita rentan terkena penyakit saat musim pancaroba berlangsung. Ada banyak penyakit yang bermunculan pada musim pancaroba, seperti flu, batuk, demam, gangguan saluran napas, influenza, dan gangguan pencernaan seperti diare. Karena itu, kita harus menjalankan kebiasaan yang sehat agar tidak rentan terkena penyakit. Berikut tips untuk menghadapi musim pancaroba dapat anda dan keluarga lakukan agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang menyerang:

Menjalani pola makan sehat, Kebiasaan makan- makanan yang sehat dapat mendukung kondisi fisik anda. Konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang setiap hari. Konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, minimal 2 liter per hari. Air putih adalah media yang tepat untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh, ketika cuaca panas, air putih membantu untuk mencegah dehidrasi sekaligus mengeluarkan racun dan menjaga fungsi ginjal.

Berolahraga secara teratur, olahraga secara teratur dapat meningkatakan imunitas tubuh. Dengan olahraga kita tidak rentan terkena penyakit. Sesibuk apapun Anda, luangkanlah waktu untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Anda bisa memilih olahraga permainan seperti bulutangkis, futsal, atau basket supaya tidak mudah bosan. Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk berolahraga bersama supaya kondisi fisik tetap sehat pada musim pancaroba.

Tidur yang cukup, tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam. Ketika tidur, sel-sel tubuh melakukan regenerasi dan memulihkan kondisi fisik yang sudah lelah beraktivitas seharian. Kurang tidur dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan, seperti nafsu makan berlebihan, emosi tidak stabil, tubuh tidak fit, dan kurang konsentrasi yang memicu komplikasi penyakit serius.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan: Cuci tangan setelah beraktivitas, sebelum makan, dan setelah beraktivitas di toilet, langsung mengganti pakaian dan mandi usai beraktivitas di luar rumah, membersihkan lingkungan sekitar rumah agar bebas sampah dan genangan air, dan rutin membersihkan seluruh ruangan di rumah, termasuk tempat yang sulit dijangkau seperti bagian bawah lemari, langit-langit, dan sela-sela kusen jendela.

Beberapa tips tersebut patut dilakukan dengan konsisten, agar tubuh tetap sehat saat musim pancaroba dan terhindar dari penyakit yang mudah menyerang.

Oleh: Resti Septianingsih

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update