Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Budidaya Tanaman Saat Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:48:18Z

Musim pancaroba adalah musim peralihan dari satu musim ke musim yang lain, biasanya terjadi pada bulan Maret sampai April yang merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, dan pada bulan Oktober sampai Desember merupakan peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Musim pancaroba tentunya sangat berpengaruh pada sektor pertanian karena pada musim pancaroba curah hujan dan intensitas matahari menjadi tidak menentu, hal ini sangat berpengaruh pada kegiatan pertanian.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyampaikan kalangan petani masih bisa memanfaatkan masa pancaroba dengan menanam tanaman tertentu yang tidak banyak membutuhkan air.

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang, petani harus bisa memilih tanaman yang bisa tahan dengan perubahan cuaca dan iklim. Karena, pemilihan jenis tanaman akan berpengaruh pada produktifitas yang dipanen pada musim kemarau mendatang. Ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam pada saat musim pancaroba, seperti padi, cabai, tomat, terong, timun, semangka, melon, umbi-umbian, sayur-sayuran dan jenis tanaman serelia.

Kendati demikian, perlu kita ketahui bahwa pada musim pancaroba kita harus benar-benar bisa merawat tanaman dengan baik agar tanaman tidak mudah mati. Berikut tips budidaya tanaman saat musim pancaroba:

Kenali jenis hama penyakit yang biasa menyerang,  hama yang sering menyerang tanaman budidaya adalah ulat. Ulat umumnya lebih cepat berkembang, sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan penurunan produktivitas budidaya tanaman. Tanaman yang sering diserang ulat yaitu padi, cabai, kubis, bawang, dan ubi jalar. Dengan mengenal jenis hama, petani diharapkan lebih mudah untuk mengenali siklus hama dan paham cara mengantisipasi ledakan serangannya.

Memastikan kebersihan lahan, Hal ini merupakan paling penting yang harus dilakukan. Lakukanlah penggemburan lahan dan bersihkan lahan dari sisa tanaman di musim sebelumnya serta rumput liar yang bisa menjadi sumber hama bagi tanaman yang akan ditanam. Dengan melakukan hal tersebut, nantinya hasil produksi saat panen akan lebih maksimal.

Menanam tanaman yang cocok untuk pancaroba. Musim pancaroba identik dengan munculnya penyakit yang menyebar. Meskipun demikian, ada banyak jenis tanaman yang dapat di budidayakan. Seperti padi, cabai, tomat, terong, timun, semangka, melon, umbi-umbian, sayur-sayuran dan jenis tanaman serelia. Petani bisa fokus untuk menanam jenis tanaman tersebut.

Dengan mengetahui tips tersebut, petani diharapkan lebih paham cara bercocok tanam pada saat musim pancaroba, agar tanaman yang sedang di budidayakan tidak cepat mati.

 Oleh: Resti Septianingsih

Mahaiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update