Tips and Trik Menghadapi Pancaroba

Musim pancaroba biasanya ditandai dengan cuaca yang cenderung tidak menentu, seperti angin yang berhembus sangat kencang dan terkadang diikuti dengan curah hujan yang relatif tinggi.

Pancaroba merupakan peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan dan juga sebaliknya yaitu musim hujan ke musim kemarau. Musim pancaroba pertama terjadi sekitar bulan September ke bulan Oktober biasanya pada bulan ini peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Dan musim pancaroba kedua terjadi pada bulan April dimana biasanya pada bulan ini terjadi peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Di musim pancaroba seperti ini, tubuh akan berusaha menyesuaikan diri dengan kondisi udara yang mudah berubah. Imun akan bekerja lebih keras untuk menyesaikan diri dengan kondisi sekitar, sehingga dibutuhkan imunitas dan daya tahan tubuh yang lebih agar tidak mudah tertular dan terjangkit penyakit.

Banyak acara agar kita bisa terhindar dari paparan penyakit dimusim pancaroba, karena di musim pancaroba ini banyak penyakit musiman yang biasa muncul seperti flu, batuk, demam berdarah, diare, asma dan infeksi virus pada sistem pernapasan dan pencernaan lainnya. Munculnya berbagai penyakit ini  disebabkan karena perubahan suhu udara yang tidak menentu.

Oleh karena itu, untuk menghindari terjangkit penyakit salah satu caranya yaitu meningkatkan sistem imun dengan cara perbanyak asupan makanan bergizi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan. Minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup dan berolahraga.

 

Afni Efrilia Maharani, Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023