Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Agar Tetap Sehat Di Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:47:23Z



Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperingati supaya tetap waspada untuk menghadapi potensi cuaca esktrem yang menimpa wilayah Indonesia, yaitu dalam menjelang masa peralihan dari musik hujan ke musim kemarau.

Pancaroba merupakan masa dimana terjadinya banyak perubahan yang terjadi di alam. Seperti: udara menjadi lembab, suhu lingkungan mudah berubah dengan cepat, bakteri dan virus lebih cepat menyebar dan berkembang biak dalam lingkungan yang lembab. Selain itu juga menimbulkan ketidak nyamanan bagi kondisi tubuh dan moodnya berkativitas, sehingga daya tahan tubuh menjadi menurun. 

Daya tahan tubuh yang sehat dan juga kuat tentu sangat dinginkan oleh semua orang, apalagi saat musim pancaroba, yang sangat rentan terkena penyakit. Tubuh yang sehat, harus memiliki pola hidup yang sehat pula, tidak boleh sembarangan baik dalam mengkonsumsi makanan atau juga menjaga lingkungan hidup sekitar.

Pola hidup sehat sangatlah bermanfaat, apalagi untuk kekebalan tubuh. Begitu banyak cara  hidup sehat yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-sehari, di antaranya yaitu: diawali dengan menjaga kebersihan, baik kebersihan diri pribadi maupun lingkungan sekitar, selain itu juga tentu membutuhkan pola makan yang sehat pula.

Tips yang dapat kita lakukan dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat yaitu diawali dengan menjaga kebersihan karena apabila tubuh dan lingkugan kita kotor akan menjadi tempat berkumpulnya sarang virus penyakit dan juga bakteri. Selain itu juga, tentu membutuhkan asupan, yang mana menjadi sumber utama untuk bertahan hidup, dan disertai olahraga yang rutin.

Asupan yang sehat, yang perlu kita konsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh, diantaranya : 
Pertama : minum yang cukup, supaya tubuh kita tidak dehidrasi dan kuman penyakit tidak mudah menyerang tubuh kita.

Kedua : konsumsi vitamin, karena vitamin berfungsi untuk memelihara daya tahan tubuhsupaya tetap sehat

Ketiga : menjaga pola makan, karena makanan menjadi sumber utama asupan bagi tubuh, sehingga kita harus penuhi gizi yang seimbang dengan cara mengkonsumsi makanan emapat sehat lima sempurna, misal mengkonsumsi makanan yang tinggikarbohidrat karena berfungsi sebagai sumber energi utama. Selain itu juga, kita harus makan sesuai dengan kebutuhan jangan sesuai keinginan, yang tentunya membutuhkan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan serat yang cukup.

Dengan demikian, dalam menjaga tubuh yang sehat pada saat musim pancaroba, kita sebagai masyrakat yang sedang merasakan terjadinya pancaroba, harus diawali dengan hidup sehat yang dengan menjaga kebersihan dan pola makan yang sehat.


Resta Komalasari
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandunh, Jawa Barat
081310631586
×
Berita Terbaru Update