Tingkatkan Imun Guna Hadapi Pancaroba yang Datang Beruntun

 

Ancaman Kesehatan kian kemari kian serius. Belum selesai kita berperang menghadapi Covid-19, kini kesehatan kita diuji dengan adanya pancaroba. Di tengah situasi tersebut, orang-orang cerdas dan bijak tentunya pasti akan mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi, tak menutup kemungkinan hal buruk akan menerpa sekaligus juga harus kita persiapkan pula.

Imunitas tubuh yang tidak dijaga dengan baik serta tidak kita tingkatkan maka tentunya akan menjadi sebuah teror yang nyata bagi kesehatan diri ke depannya. Pancaroba datang dengan identitasnya, yakni perubahan cuaca yang sering terjadi tidak menentu. Pancaroba juga sudah menjadi ancaman Kesehatan yang lumrah kita hadapi dan rasakan setiap tahunnya. Seharusnya ancaman pancaroba sudah bisa kita atasi kalaulah bercermin kepada rutinnya pancaroba ini.

Kesehatan imunitas tubuh dirasa sangat amatlah perlu kita siapkan, dua ancaman penyakit yang serius dan nyata ini tidak boleh kita sepelekan dan remehkan. Menjaga diri daripada stres harus kita lakukan, tenangkan sejenak masalah-masalah hidup kita guna mencegah pikiran stres melanda. Kestabilan jiwa dan pikiran menjadi satu cara dalam proses peningkatan imun diri kita.

Dari sisi memilih dan memilah makanan harus lebih kita perhatikan. Kesehatan imun tidak dapat terwujud bila kita selalu mengonsumssi makanan-makanan yang tidak menyehatkan sekaligus membahayakan diri kita. Oleh karena itu, memilih makanan yang sehat di tengah ancaman virus Corona sekaligus pancaroba ini kita bisa memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang sehat salah satunya.

Budaya rebahan yang sudah mengakar dewasa kini sudah selayakanya sedikit demi sedikit kita rubah dan tinggalkan. Selain banyak memberikan efek buruk, budaya rebahan juga tak elok dan tak layak kita lakukan saat ini. Berolahraga secara rutin dan teratur mari kita terapkan, selain mengubah budaya rebahan, berolahraga juga dapat meningkatkan imunitas tubuh kita, terlebih di kondisi saat ini.

Meninggalkan budaya rebahan bukan berarti kita tidak memperhatikan waktu dan jangka istirahat kita. Dalam artian, budaya rebahan kita tinggalkan, tapi istirahat harus sesuai aturan dan takaran. Karena pada kenyataannya, waktu istirahat yang kurang dan tidak teratur juga menyebabkan imunitas tubuh kita menurun dan melemah.

Setelah upaya-upaya di atas kita amalkan, jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan imunitas tubuh kita. Karena pada dasarnya, upaya secara dunia medis juga harus tetap kita jalani dan jangan kita belakangi. Salah satu suplemen yang dapat meningkatkan imunitas tubuh adalah yang mengandung vitamin B6, C, dan E.

Apabila usaha-usaha lahir sudah kita tempuh, maka jangan sampai kita lupakan eksistensi Tuhan. Oleh karena itu, marilah kita berdoa bersama-sama agar kita semua senatiasa selalu diberikan Kesehatan serta terhindar daripada musibah atau ancaman yang datang.

Penulis: Alif Safikri, Mahasiswa jurusan KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023