Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tetap Sehat Meski Musim Pancaroba

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T06:58:30Z


Seperti yang telah kita ketahui bahwa musim pancaroba adalah musim dimana terjadinya pergantian antara dua musim, seperti musim kemarau menuju musim hujan dan musim hujan menuju musim kemarau. Perubahan udara dan temperatur cukup berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita otomatis akan menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas kita berkurang, sehingga sering menyebabkan orang sakit saat musim pancaroba.

Untuk menjaga imunitas kita agar selalu sehat dan bugar dengan menjaga kesehatan. Jangan sampai kita menunda kegiatan ini karena akan berakibat fatal. Maka dari itu, kita perlu minum air putih yang cukup. Agar tetap sehat, kita hanya perlu rutin minum delapan gelas setiap harinya. Karena cairan sangat berguna untuk memastikan berbagai fungsi dan sistem organ tubuh seperti jantung, otak, dan otot berjalan baik. Selain itu juga dapat membuang sisa metabolisme dalam tubuh, serta membawa nutrisi ke sel-sel tubuh.

Minum saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai kita tidak menggerakkan otot tubuh kita. Meski rasanya malas untuk berolahraga, alternatif lain yang perlu kita jalani yaitu yoga, senam aerobik, lompat tali, dan latihan kekuatan otot.Kita dapat melakukan olahraga tersebut meskipun hanya dirumah saja.

Selain menjaga kekuatan otot, kita pun harus mengonsumsi vitamin C dan juga menjaga pola makan. Konsumsi makanan dengan asupan gizi seimbang setiap hari. Hindari asupan karbohidrat, gula, dan lemak berlebihan yang membuat tubuh menimbun kalori berlebihan.

Jika merasakan lelah ketika bekerja, biasakan untuk tidur yang cukup agar dapat melawan penyakit. Faktor lain yang dapat melawan penyakit adalah menghindari stress. Jika kita kekurangan tidur atau istirahat, kita akan merasakan stress karena pekerjaan yang telah kita lakukan tanpa adanya waktu rehat sejenak.Jangan khawatir jika akan datangnya musim pancaroba. Kita hanya perlu rutin melakukan tips diatas agar sistem kekebalan tubuh kita kuat dan terjaga. Karena jika kita jatuh sakit, kita tidak bisa berbuat apa-apa selain terbaring di kasur. Mari menjaga kesehatan karena sehat itu mahal.

Alifia Nabila
Mahasiswi KPI UIN SUNAN Gunung Djati
Bandung-Jawa Barat
×
Berita Terbaru Update