Tetap Jaga Imun di Musim Pancaroba

Perlu kita ketahui pancaroba merupakan masa terjadinya perubahan alam, pada masa ini cuaca menjadi tidak menentu seperti pada siang hari matahari sangat terik lalu tiba-tiba turun hujan deras pada sore atau malam hari, bahkan seringkali banyak terjadinya bencana alam seperti banjir hingga tanah longsor.

Musim ini identik dengan hadirnya berbagai macam penyakit, virus dan bakteri mudah berkembang biak sehingga menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Kondisi ini mengharuskan kita untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan agar tetap sehat.

Beberapa penyakit yang muncul di antaranya seperti flu, batuk, demam, dan gangguan pencernaan. Oleh karena itu masyarakat diharapkan untuk tetap menjaga imun tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut. Diantaranya yaitu dengan menjaga pola makan yang baik dan benar.

Kebiasaan menjaga pola makan dengan baik sangat mendukung kondisi fisik kita selama musim pancaroba, asupan gizi yang seimbang setiap hari akan membuat daya tahan tubuh senantiasa prima. Selain itu kita juga harus senantiasa rajin berolahraga, dengan berolahraga secara teratur dapat meningkatkan imun tubuh kita agar tetap sehat dan bugar.

kemudian kita juga harus memiliki waktu tidur yang cukup, karena ketika kita tidur sel-sel tubuh melakukan regenerasi dan memulihkan kondisi fisik yang sudah lelah beraktivitas seharian. Itulah sebabnya kita harus memiliki waktu tidur minimal 8 jam sehari untuk mempertahankan kesehatan.

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga imun tubuh kita agar tetap sehat selama musim pancaroba ini, oleh karena itu kita diharapkan agar selalu menjaga imun tubuh kita dengan baik.agar terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Afriani Awaliyah
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023