Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tetap Hidup Sehat Di Masa Pandemi

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:47:34Z



Jumlah kasus covid-19 di Indonesia kini meningkat. Sehingga bertambahnya jumlah kasus tersebut membuat angka infeksi virus bertambah menjadi 4.241.090.

Terjadinya pandemi di Indonesia, membuat pemerintah dan tenaga kesehatan mengeluarkan beberpa kebijakan, yang mana kebijakan tesebut dikenal dengan istilah "5M", yaitu ; menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. 

Kita sebagai rakyat, yang mana harus menjalankan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemintah dan tenaga medis. Hal ini bertujuan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya penularan virus, sehingga apabila kita mau beraktivitas harus memakai masker dan menjaga  jarak yang mana sebainya aktivitaspun harus di kurangi. Selain hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas sehari-sehari, yana mana harus dikurangi dengan menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas. Sehingga hal tersebut akan mengurangi aktivitas kita.

Sebagai masyarakat (makhluk sosial), tidak hanya cukup dengan menjalankan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, tetapi pola kehidupanpun harus dijaga, karena supaya memiliki tubuh sehat dan imun yang kuat.

Tips yang dapat kita lakukan dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat yaitu diawali dengan menjaga kebersihan karena apabila tubuh dan lingkugan kita kotor akan menjadi tempat berkumpulnya sarang virus penyakit dan juga bakteri. Selain itu juga, tentu membutuhkan asupan, yang mana menjadi sumber utama untuk bertahan hidup, dan disertai olahraga yang rutin.
Asupan yang sehat, yang perlu kita konsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh, diantaranya : 

Pertama : minum yang cukup, supaya tubuh kita tidak dehidrasi dan kuman penyakit tidak mudah menyerang tubuh kita.

Kedua : konsumsi vitamin, karena vitamin berfungsi untuk memelihara daya tahan tubuh supaya tetap sehat.

Ketiga : menjaga pola makan, karena makanan menjadi sumber utama asupan bagi tubuh, sehingga kita harus penuhi gizi yang seimbang dengan cara mengkonsumsi makanan emapat sehat lima sempurna, misal mengkonsumsi makanan yang tinggikarbohidrat karena berfungsi sebagai sumber energi utama. Selain itu juga, kita harus makan sesuai dengan kebutuhan jangan sesuai keinginan, yang tentunya membutuhkan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan serat yang cukup.

Dengan demikian, mematuhi protokol kesehatan saja tidak cukup. Kita sebagai masyrakat harus tetap berusaha untuk menjaga pola hidup yang sehat, supaya bisa terhindar dari covid-19.


Resta Komalasari
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat
081310631586
×
Berita Terbaru Update