Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tetap Bugar dengan Olahraga di Musim Pancaroba

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T13:33:17Z

Indonesia memasuki musim pancaroba pertama di bulan Oktober 2021 ini. Perlu diketahui, Indonesia mengalami musim pancaroba sebanyak dua kali. Musim pancaroba pertama di Indonesia biasanya ditandai dengan tingginya frekuensi badai hujan yang sangat deras/lebat disertai petir, guntur dan angin kencang. Pada masa ini, orang mudah terkena penyakit seperti penyakit pernapasan, demam, diare, dll.

Penyakit-penyakit yang menyerang masyarakat pada musim pancaroba umumnya disebabkan karena lemahnya sistem daya tahan tubuh mereka. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari lingkungan yang tercemar, konsumsi makanan yang tidak sehat dan seimbang serta kurangnya aktivitas yang membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, seperti istirahat yang cukup dan berolahraga.

Olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh selama musim pancaroba. Olahraga dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Olahraga dapat dilakukan di luar (outdoor) bahkan dalam ruangan (indoor).

Musim pancaroba juga ditandai dengan perubahan cuaca yang tidak menentu. Jadi, di saat kemarau, kita bisa berolahraga di luar ruangan seperti jogging, senam atau bermain permainan olahraga. Di saat musim hujan pun kita tetap bisa berolahraga untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh, seperti berlari di tempat, push-up atau olahraga ringan lainnya yang tidak membutuhkan tempat yang luas.

Intinya, perlu adanya kesadaran terlebih dahulu pada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama musim pancaroba. Tubuh yang sehat dan bugar juga berarti sistem daya tahan tubuh yang kuat. Jika sudah seperti itu, tubuh akan menjadi siap menghadapi perubahan musim apapun.

Qisthon Fannani
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update