Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tergantung Bagaimana Kita Bermedia Sosial

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:17:47Z

Media sosial adalah sebuah media atau sarana untuk berkomunikasi dan mencari barbagai berita yang kita butuhkan atau yang inginkan secara online. Seiring berkembangnya zaman media social juga mengalami perubahan menjadi semakin canggih. Media social sekarang bukan hanya bisa di gunakan untuk hanya sekedar berbagi informasi atau mencari informasi melainkan juga sudah bisa di gunakan untuk bisnis dan juga marketing.

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membawa perubahan pada masyarakat. Lahirnya media social menjadikan pola pikir dan prilaku masyarakat mengalami pergerakan baik dalam budaya, etika, dan norma. Indonesia dengan penduduknya yang memiliki keberagaman ras, etnis, suku dan agama memiliki banyak sekali potensi perubahan social. Dari berbagai kalangan dan usia hampir semuanya menggunakan media social maka dampak dari media social terhadap masyarakat itu sangat besar.

Media social itu bisa diumpamakan seperti pisau, mengapa demikian ? karena pisau itu bisa di gunakan untuk dua hal pertama bisa di gunakan untuk memotong bahan masakan di dapur yang kedua bisa juga di salah gunakan untuk melukai seseorang, tergantung yang mengunakanya. Begitupun dengan media social, media sosial bisa di gunakan untuk hal-hal yang bermamfaat dan juga bisa juga di gunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat bahkan cendrung menimbulkan kericuran dan tersebarnya berbgai fitnah akibat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bisa kita lihat bagaimana kondisi media social saat ini, banyak sekali orang-orang yang tidak bijak dalam menggunakan media social. Media social kerap kali di gunakan sebagai sarana untuk menyebarkan berita-berita yang tidak benar atau berita hoax. Media social juga sering di gunakan sebagai sarana untuk saling menjelekan satu sama lain dalam postingan-postinganya.

Padahal jika kita bisa menggunakan media social dengan bijak sangat banyak sekali mamfaatnya. Salah satunya bisa di jadikan lahan untuk bisnis atau dagang online apalagi di masa pandemic seperti ini berdagang online itu sangat besar kali peluangnya, asalkan kita bisa sekreatif mungkin membuat konsumen sangat tertarik dengan barang atau dagangan yang kita pasarkan.

Selain bisa di gunakan sebagai lahan untuk berbisnis, media social juga dapat di gunakan sebagai sarana untuk berdakwah atau menebar kebaikan, kita sebagai umat islam harus bisa bersaing ketat dengan trend-trend zaman sekarang yang banyak bertentangan dengan ajaran islam. Sebagai generasi muda islam sudah seharusnya kita selalu menebar kebaikan baik dalam kehidupan nyata maupun dalam media social karena islam mengajarkan uamtnya untuk berbuat baik dalam kehudupan supaya tercipta kehidupa yang damai dan sejahtera.

Dengan demikian marilah kita menjadi orang yang bijak dalam menggunakan media social, tidak akan rugi jika kita bisa menggunakan media social dengan sebaik-baiknya. Kita tinggal memilih apakah ingin menjadi orang yang menebar kebaikan dan memamfaatkan media social untuk kebaikan atau ingin menjadi orang yang menyalah gunakanya. Karena apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai, segala sesuatu itu tergantung orang yang menggunakanya.


Sri Pujianti Nurohmah

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran islam

Kp. Cipanas Rt. 06/ Rw. 05 Des. Margamukti

Kec. Pangalengan Kab. Bandung Prov. Jawa Barat

No Hp. 081394569319

×
Berita Terbaru Update