Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tantangan Bagi Dunia Pendidikan Di Masa Pandemi Covid 19

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:22:15Z
 

Pandemi virus corona sampai saat ini sudah menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Bagi Indonesia, ini menjadi sebuah tantangan multidimensi. Dimana masyarkat dihadapkan berbagai masalah. Salah satunya dalam dunia pendidikan.

Pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Dimana ini menjadi sebuah tantangan bagi para pelajar untuk menghadapi pendidikan era sekarang. Bukan hanya para pelajar yang harus berjuang, para guru pun harus berjuang mempertahankan semangat mengejar dan mengajar ilmu pengetahuan. Maka kejra keras para guru selama ini sungguh patut diapresiasi.

Sedangkan, dengan penerapan pembelajaran sekarang yang secara online dimana dibantu melalui teknologi, ini tetap tidak dapat menggantikan peran guru, dosen, dan interaksi belajar antara pelajar dan pengajar, sebab edukasi bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan, tetapi juga tentang nilai, kerja sama, serta kompetensi.

Mencermati kondisi saat ini yang belum ada kepastian kapan berakhirnya masa pandemi ini, yang sudah berlangsung lama. Tentu diperlakukan tindakan-tindakan yang strategis terkait tentang pembelajaran.

Tindakan ini harus di rencanakan dan di persiapkan secara matang, jika tidak di rencanakan secara matang sejak awal, maka dimungkinkan akan terjadi loss generation bahkan bisa terjadi education deat.

Dengan adanya sistem pembelajaran yang secara online, kemungkinan akan timbul beberapa masalah dalam berlangsungnya proses pembelajaran. 
Tentunya peserta didik maupun tenaga pendidik dari semua kalangan diharuskan memiliki akses jaringan internet yang lancar. Namun tidak semua daerah-daerah memilik akses jaringan internet yang baik ada juga daerah yang tidak sama sekali ada jaringan internet.

Maka itu bisa menjadi salah satu kendala berlangsungya kegiatan belajar mengajar dengan baik. Selain itu, pasti ada peserta didik yang tidak mendapatkan hasil pembelajaran secara maksimal selama pandemi covid-19 ini berlangsung.

Pada dasarnya pandemi covid-19 ini memberikan dampak-dampak yang dapat melemahkan aktivitas pada umumnya. Dampak yang dapat dirasakan memang benar-benar nyata. Namun, masyarakat tidak bisa menjadikan pandemi ini sebagai sebab untuk tidak melaksanakan kegiatan terutama dalam bidang pendidikan. Kita harap pandemi ini bisa cepet selesai, sehingga dunia pendidikan bisa berjalan dengan normal lagi.

Muhamad Firman Hakiki
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati
Bandung, Jawa Barat
085293873304
Hakikimfh17@gmail.com
×
Berita Terbaru Update