Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Taati Karantina demi Mencegah Virus Covid-19

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:35:47Z

Dakwahpos.com, Jakarta- Kita tahu bahwa pandemi ini belum berakhir. Kita masih berjuang bersama-sama untuk hidup berdampingan dengan virus Covid-19. Namun, meskipun kita telah menerapkan protokol kesehatan dan menjaga diri, masih banyaknya orang yang abai dengan protokol kesehatan yang ada.


Salah satunya, tidak memakai masker. Di banyak kesempatan, saya melihat banyak orang yang sudah tidak memakai masker, entah karena panas, malas, atau bahkan lupa. Padahal, masker adalah salah satu hal yang paling mudah diterapkan. Selain tidak memakai masker, banyak orang yang juga tidak mencuci tangan dan mulai berkerumun. Meski sekarang sudah diperbolehkan adanya konser musik dengan berbagai ketentuan, dianjurkan untuk tidak berkerumun agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.


Selain itu, ada hal yang lebih penting, yaitu karantina. Karantina adalah mengisolasi diri dari orang lain karena dikhawatirkan membawa dan dapat menyebarkan virus. Karantina dilakukan demi mencegah menyebarnya virus ke orang lain yang ditemui dalam kurun waktu tertentu. Karantina ini dilakukan oleh masyarakat yang habis bepergian, entah dari luar kota maupun luar negeri. 


Karantina menjadi sangat penting demi memutus rantai penyebaran virus covid-19. Namun, jika dilihat hari ini, banyak orang yang tidak lagi melakukan karantina sehabis bepergian. Dengan berbagai macam alasan, mereka mengabaikan protokol kesehatan yang ada. 


Yang dikhawatirkan di sini adalah, jika ia membawa virus dan tanpa sengaja menyebarkannya sehingga semakin banyak orang yang tertular. Ini ada berdampak buruk bagi banyak komponen masyarakat, karena dapat memunculkan gelombang baru.


Maka dari itu, sudah seharusnya kita melalukan karantina diri, agar mencegah hal-hal yang tidak kita diinginkan, dan demi terciptanya Indonesia bebas covid-19. 


Reporter: Jihan Nur Setyo R

Mahasiswa KPI, UIN SGD BDG


 

×
Berita Terbaru Update