Sikap dalam Bermedia Sosial

Sikap dalam Bermedia Sosial
Dalam perkembangan zaman sekarang ini media sosial menjadi tempat berkomunikasi paling populer, tidak hanya sekedar berbagi informasi atau membagikan cerita dan foto dalam akun media seseorang, akan tetapi media sosial sekarang ini dapat mempengaruhi persepsi, prilaku publik, mempengaruhi keputusan institusi atau kelompok-kelompok tertentu hanya dengan efek yang diakibatkan oleh pengaruh media sosial.

Dari sekian pengaruh yang dapat diterima banyak pengaruh  memiliki sisi positif dan negatifnya. Semua itu tergantung dari pengguna media sosial dalam menyikapinya, dalam hal ini pengguna media sosial perlu adanya pengetahuan yang baik tentang bermedsos agar tidak terjadi masalah-masalah yang timbul dari kesalahan pengguna karena tidak baik dalam menggunakan media sosial.

Di Indonesia sendiri angka penggunaan media sosial sangat tinggi, namun dibalik tingginya pengguna media sosial di Indonesia ada sisi gelapnya juga yaitu potensi konflik yang timbul juga semakin tinggi dikarenakan penggunanya juga tinggi. Perlu kita ketahui bahwa menyikapi permasalah-permasalah dalam dunia maya itu perlu adanya sosialisasi dari pemerintah agar menerapkan aturan-aturan mengenai bermedia sosial dengan baik.

Selain adanya aturan dari pemerintah, kesadaran diri pada pengguna media sosial lah yang sangat mempengaruhi tindakan kita ketika dalam bermedia sosial. Penanaman dan pemahaman dalam berprilaku adalah kunci untuk meningkatkan kesadaran diri seseorang untuk bertindak lebih hati-hati dalam bermedia sosial. Kesadaran diri akan menjadi pagar penghalang untuk para pengguna media sosial agar tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan kegaduhan.

Agar menjadi pengguna media sosial yang baik maka saling menghargai dan bertoleransi dari para pengguna akun lainnya. Konflik dalam bermedia sosial dapat dihindari apabila masing-masing dari kita menyadari perbedaan dan tidak mempermasalahkan pendapat dari orang lain. Oleh karena itu kesadaran pada diri masing-masing merupakan kunci dalam menyikapi bermedia sosial yang baik.

Roby Firdaus
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023