Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sigap Hadapi Bencana di Musim Pancaroba

Rabu, 22 Desember 2021 | Desember 22, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-22T15:21:32Z

Musim pancaroba terkadang menjadi kendala bagi sebagian orang, karena pada saat musim pancaroba berlangsung cuaca bisa dengan cepat berganti seiring berjalannya waktu. Seperti pada saat ini, musim penghujan sedang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Misalnya daerah Bandung, cuaca di daerah Bandung dan sekitarnya akhir-akhir ini sedang berlangsung musim penghujan, hampir setiap hari hujan terjadi didaerah Bandung dan sekitarnya.


Menurut Koordinator Data dan Informasi BMKG Bandung, Rasmid, peralihan musim tersebut akan ditandai dengan beberapa fenomena, seperti hujan deras dengan durasi singkat, angin kencang, petir dan juga angin puting beliung dan hujan es.


Saat musim hujan datang, terkadang hujan bisa dengan curah hujan yang ringan, sampai ke hujan yang lebat. Ketika hujan lebat terjadi hal-hal yang harus di hindari ketika terjadi hujan lebat, sebaiknya kita menjauh dari pohon-pohon yang lebat, papan reklame, ataupun menjauhi sungai yang dengan aliran arus air yang cukup besar.


Oleh karena itu, masyarakat diharuskan untuk menghindari beberapa tempat yang memilik dampak dan juga potensi fenomena alam yang bisa terjadi pada saat musim pancaroba berlangsung.


Pada saat musim pancaroba ketika hujan berlangsung sangat lebat dan juga aliran air yang tersumbat karena kebiasaan beberapa masyarakat yang tidak membuang sampah sembarangan, maka itu semua bisa menimbulkan bencana alam yaitu banjir.


Dalam keaadan musim pancaroba seperti saat ini, mitigasi bencana perlu disiapkan oleh masyarakat yang berada dikawasan rawan bencana alam. Misal pada tekstur tanah yang tingkat rawan longsor nya tinggi, maka perlu adanya mitigasi bencana yang disiapkan agar terhindar dari bencana alam.


Karena musim pancaroba menjadi tantangan bagi kita, maka perlu mitigasi bencana agar terhindar dari suatu bencana. Selain itu, asupan mineral, vitamin, dan juga pola hidup sehat, sangat penting dilakukan oleh kita. Olahraga perlu juga dilakukan supaya tubuh kita tetap sehat dan bugar supaya terhindar dari penyakit yang terkadang melanda di musim pancaroba ini.



Ilham Rahmat Maulana
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung
 Bandung, Jawa Barat
085703018655
×
Berita Terbaru Update