Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siapkan Diri Hadapi Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:53:22Z

Terletak di wilayah garis khatulistiwa membuat Indonesia hanya memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Perpindahan musim dari musim kemarau ke musim hujan begitupun sebaliknya dinamakan dengan musim pancaroba.


Perpindahan musim ini biasanya ditandai dengan cuaca yang ekstrem, seperti terjadi angin kencang, hujan yang tiba-tiba datang dalam waktu singkat, udara panas , dan arah angin yang tidak teratur. Hal ini yang menyebabkan pada musim pancaroba banyak orang yg terserang penyakit karena daya tahan tubuh menurun.


Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan mulai terjadi pada bulan September. BMKG mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang akan terjadi, guna menghindari risiko yang ditimbulkan pada masa pancaroba ini.

Perubaham cuaca yang ekstrem pada masa pancaroba ini membuat daya tahan tubuh kita menurun. Bisa dibayangkan ketika kita yang terbiasa dengan cuaca panas terik lalu berubah seketika karena hujan yang membuat cuaca menjadi dingin, hal itulah yang membuat banyak orang mudah terserang penyakit karena perubahan suhu secara tiba tiba terjadi, dan kita yang belum beradaptasi sehingga membuat imun tubuh lemah.


Kurangnya asupan nutrisi dan malas olahraga juga menjadi salah satu penyebab orang mudah terkena penyakit. Perlu kita ketahui untuk menghadapi musim pancaroba ini kita harus menyiapkan diri sedini mungkin agar tidak mudah terserang penyakit. Lakukanlah aktivitas yang bermanfaat dan juga asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh untukt meningkatkan imun tubuh.


Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi musim pancaroba, salah satunya dengan memberi asupan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan imun tubuh kita, dan juga asupan vitamin C menjadi salah satu yang paling penting untuk menghadapi pancaroba ini, karena dengan mengonsumsi vitamin C seperti buah jeruk dapat meningkatkan imun tubuh secara alami.


Tentunya perlu kesadaran diri pada setiap orang untuk menghadapi pancaroba ini, semua orang harus mempersiapkan diri sedini mungkin dalam mengahadapi pancaroba ini dengan asupan nutrisi dan melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan imun tubuh. Dengan itu kita sudah siap dalam menghadapi pancaroba dan terhindar dari segala risiko yang ditimbulkannya.

×
Berita Terbaru Update